Jumat, 13 Sep 2019 18:49 WIB

Apa Iya Nyetir Pakai Sendal Jepit Berbahaya?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dok. Auto2000 Foto: Dok. Auto2000
Jakarta - Penggunaan sendal jepit ketika sedang menyetir tidak disarankan. Bahkan di beberapa negara, menyetir dengan sendal jepit dengan alasan dapat membahayakan keselamatan si pengendara itu sendiri.



Di Inggris misalnya, pengendara yang kedapatan menggunakan sendal jepit bakal didenda hingga 5.000 Poundsterling atau kalau dirupiahkan setara Rp 86 jutaan.

Memang seberapa bahayanya sih nyetir pakai sendal jepit?

Sandal JepitSandal Jepit Foto: Dok. Hermes


Mengutip situs Drive Army, Jumat (13/9/2019), sendal jepit dapat berpotensi menyangkut di pedal dan membuat pengendara sulit bereaksi cepat saat ingin mengerem. Perpindahan kaki dari pedal gas dan rem saat menggunakan sendal jepit bisa lebih lama dua kali lipat. Dengan sendal jepit, perpindahan kaki dari pedal gas ke rem bisa berlangsung dalam 0,04 detik sementara jika pakai sepatu hanya 0,02 detik.



Selain itu tekanan yang diberikan saat menggunakan sendal jepit juga lebih kecil sehingga dinilai lebih membahayakan ketika harus mengerem secara dadakan. Rem tak terinjak penuh dan mobil berpotensi menabrak.

Mengutip situs RAC, ada beberapa syarat alas kaki yang lebih aman digunakan saat menyetir ketimbang sendal jepit.

Misalnya ketebalan sol tak lebih dari 10mm, terdapat karet di bagian bawah sehingga menghindari selip ketika menginjak pedal, tak membatasi pergerakan angkel kaki, tak terlalu besar, dan bentuknya juga tak saling berhimpitan ketika kedua keki menginjak pedal.

Simak Video "Tung, Truntung, Tung! Komunitas Mobil Truntung Resmi Berdiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com