Senin, 02 Sep 2019 14:36 WIB

Camkan! Tabrakan Beruntun Rentan Terjadi di Jalan Tol

Dina Rayanti - detikOto
Kecelakaan di jalan tol Cipularang. Foto: Dian Firmansyah/CNN Indonesia Kecelakaan di jalan tol Cipularang. Foto: Dian Firmansyah/CNN Indonesia
Jakarta - Belasan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 91. Kecelakaan tersebut mengakibatkan enam kendaraan terbakar dan juga korban meninggal dan luka-luka. Polisi hingga saat ini belum menjelaskan lebih detil soal penyebab kecelakaan.

Tapi perlu diingat ya detikers, kecelakaan beruntun memang rentan terjadi di jalan tol. Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu pernah menyampaikan banyak pengendara yang kerap mengabaikan bahaya ketika melintas di jalan tol.


"Perlu diingat, ketika kita di jalan bebas hambatan atau tol, bukannya kita lebih aman tapi jauh lebih berbahaya. Karena semua kecepatan kendaraan disana itu tinggi sekali, sedangkan kalau di jalan biasa kan kebanyakan kondisi stop and go. Sehingga kejadian kecelakaan beruntun memang lebih rentan terjadi di tol," ungkap Jusri beberapa waktu lalu.

Kecelakaan
beruntun kerap terjadi di jalan tol. Faktornya pun beragam, namun biasanya kecelakaan terjadi akibat kecerobohan dari pengguna jalan itu sendiri.

"Kecelakaan itu adalah gagalnya strategi, keselamatan itu bukan it's a matter of good luck. Keselamatan itu strategic semuanya terencana, jadi kecelakaan itu bukan apes, itu yang harus dirubah paradigma masyarakat," ungkap Jusri.


"Orang yang mengalami kecelakaan karena gagal mengantisipasi. Mungkin karena meremehkan bahaya, meremehkan aturan atau dia tidak fokus, melakukan pekerjaan lain ketika berkendara misalnya menggunakan hp. Jadi penyebab kecelakaan itu banyak sekali," pungkas Jusri.

Simak Video "Penampakan Truk Terbakar Usai Kecelakaan Beruntun di Cipularang"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com