ADVERTISEMENT
Jumat, 02 Agu 2019 19:21 WIB

Tips Aman Berkendara saat Gempa

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom
Jakarta - Gempa bumi di berpusat di Sumur, Banten terasa sampai Jakarta. Gempa ini disebut BMKG berpotensi tsunami. Banyak yang mengatakan, jika sedang berkendara sedangkan saat itu gempa, pengendara tidak terlalu bisa merasakan guncangan gempa dikarenakan kondisi jalan yang sebagian besar berkontur tidak rata sehingga sulit membedakan guncangan yang terjadi.

Namun gempa bisa dirasakan saat posisi kendaraan berhenti contohnya saat di traffic light karena lampu merah. General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriadi pernah menyarankan kalau Anda tengah di mobil, sebaiknya parkir di tempat yang terbuka dan jauh dari potensi jatuhan (atap gedung, dan sebagainya). "Atau paling tidak parkir di tempat yang dirasa kuat gempa," ujarnya.



"Walaupun sedang di dalam mobil, kita tetap harus mencari tempat aman untuk bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kejatuhan tiang lalu lampu lalu lintas, barang dari reruntuhan gedung, jembatan, billboard, dan lain sebagainya," tulis Auto2000 di situs resminya.

Sebagai pengendara kita diminta tidak panik saat terjadi gempa, segera cari tempat yang aman dan pastikan kondisi sudah aman.

Simak Video "Jakarta Diguncang Gempa M 7,4"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com