Jumat, 05 Jul 2019 10:51 WIB

Mengapa Lampu Sein Bunyi Ada Suara Tik-Tak-Tik?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Setiap menyalakan lampu sein pasti ada bunyi yang ditimbulkan. Bunyi 'tik-tak-tik' muncul bersamaan dengan lampu tanda panah pada dasbor menyala. Tapi jangan salah, bunyi 'tik'tik' juga menandakan kalau lampu sein bekerja dengan baik saat diaktifkan.

Meski teknologi terus berkembang, fitur bunyi dan juga lampu kedap-kedip yang menyala pada lampu sein tak pernah berubah. Setidaknya yang berubah hanya suaranya, tak lagi 'tik-tik' namun bervariasi tergantung pabrikan membuatnya.



Dilansir Mental Floss, Jumat (5/7/2019), teknologi lampu sein sendiri sudah muncul pada akhir tahun 1930 saat produsen mobil Buick menjadikannya standar pada setiap produknya. Dulu bunyi yang ditimbulkan saat mengaktifkan lampu sein berasal dari panas.

Saat pengemudi menyalakan lampu sein, perangkat elektronik pada mobil akan memanaskan per bimetalik pada mobil yang membuatnya bersentuhan dengan potongan logam kecil.

Ketika dua komponen itu bersentuhan, arus listrik akan mengalir dan memberikan tenaga pada listrik untuk menyalakan lampu sein. Kemudian per bimetalik akan kembali ke kondisi seperti semula sampai lampunya mati dan proses akan terus berulang hingga menimbulkan bunyi.

Semakin ke sini teknologi makin maju. Namun perpindahan per tak lagi menggunakan panas melainkan sinyal elektronik dialirkan ke elektromagnet lewat chip.

Mobil-mobil zaman now makin canggih lagi. Kebanyakan komponen sudah dioperasikan lewat sistem komputer. Dengan begitu semua sistem bergantung pada pada perintah komputer termasuk untuk menyalakan lampu sein sekalipun. Meski begitu bunyi yang ditimbulkan saat lampu sein diaktifkan tak pernah sunyi.

Simak Video "Perkenalkan Mahindra Scorpio, Pikap India Seharga Rp 200 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com