Kamis, 27 Jun 2019 17:11 WIB

Cara biar Cat Mobil Tak Pudar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Bodi eksterior mobil menjadi salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian. Bodi mobil juga perlu dirawat agar tidak pudar warnanya.

Sering kali warna cat mobil mengalami pudar setelah mobil dipakai beberapa tahun. Apalagi jika bodi mobil tak terawat, mungkin pudarnya akan lebih parah. Atau, mobil yang sering diperlakukan dengan sembarangan seperti parkir sembarangan, jarang dicuci dan lainnya.



Auto2000 melalui laman resminya menyarankan agar pemilik mobil tidak malas merawat cat mobil. Cat mobil perlu dirawat agar tampilan kendaraan tetap segar.

Dikutip dari laman resmi Auto2000, Body Painting Service Head Auto2000 Bekasi Timur Bambang Sulistiyanto, menyebut ada dua cara yang bisa dilakukan agar cat tidak mudah kusam atau pudar.

Bambang menyarankan kepada pemilik mobil agar menghindari penggunaan sampo atau sabun yang bukan khusus untuk mobil. Hindari pula penggunaan sabun yang mengandung Ph tinggi.



"Shampoo atau sabun biasa akan membuat cat cepat pudar, low gloss, anti UV berkurang, sehingga cat cenderung terlihat lebih low chrom," katanya.

Cara kedua adalah dengan tidak memarkir mobil di tempat yang salah. Sebaiknya, parkir di lokasi yang tertutup, terutama bagian atasnya agar tidak terkena sinar matahari langsung.

"Ketahanan cat akan berkurang jika sering terkena sinar matahari langsung. Belum lagi sering kena air hujan dan membiarkan kering sendiri, akan lebih cepat kusamnya," ujarnya.

Simak Video "Mengulik Renault Triber yang akan Mengaspal di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed