Rabu, 19 Jun 2019 21:12 WIB

Warna Asap Knalpot Pertanda Kesehatan Mobil Lho!

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi asap knalpot Foto: Ari Saputra Ilustrasi asap knalpot Foto: Ari Saputra
Depok - Asap dari sistem pembuangan atau knalpot bisa menjadi pertanda dari sehatnya mobil. Sebab biasanya mesin berbahan bakar bensin tidak mengeluarkan asap yang pekat.

Menurut Suwito dari Sekawan Motor Jl. Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat mengatakan sejatinya bila pada pagi hari knalpot mengeluarkan asap putih tipis pengguna mobil tidak perlu khawatir.


"Keluar asap putihnya kayak gimana dulu nih, kalau putih agak bening (tipis) itu normal, ada kondensasi uap. Tapi kalau asap putihnya ngebul. Nah ini yang masalah," kata Wito kepada detikcom.

Wito melanjutkan, asap putih tebal yang keluar secara terus menerus merupakan problem di dalam mesin. Salah satunya adalah kebocoran, sehingga oli rembes masuk ke ruang bakar.

Kata Wito kalau sudah seperti ini, tidak ada cara lain selain membongkar mesin, tentunya membuat pemilik mobil perlu merogoh uang lebih dalam.


Namun tahu tidak, selain umur pemakaian mobil, salah satu penyebabnya adalah perawatan yang kurang apik dari pemilik mobil, ganti oli misalnya.

"Banyak mobil baru yang sudah jebol karena mesinnya rusak (telat ganti oli), ring piston bisa cepat aus telat ganti oli karena oli kotor menghambat pergerakan," ujarnya (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed