Jumat, 14 Jun 2019 14:12 WIB

Awas! Mobil Ditinggal Mudik Dipenuhi Hewan Kecil

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi interior mobil Foto: M Luthfi Andika Ilustrasi interior mobil Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Di antara anda mungkin ada yang memilih menggunakan transportasi umum untuk mudik daripada menggunakan mobil pribadi. Dengan demikian mobil pun ditinggalkan di rumah dalam waktu yang cukup lama.

Dalam waktu yang cukup lama dan kondisi kabin yang tidak bersih memicu masalah baru saat anda pulang nanti beraktivitas menggunakan mobil. Hewan-hewan kecil seperti nyamuk tentunya dengan sangat mudah menyusup ke celah kecil dan bersarang di tempat gelap seperti di dalam mobil.



Kondisi kabin mobil yang ditinggal mudik dalam keadaan kotor memperbesar potensi ini terlebih lagi jika ada bekas makanan.

"Itu serangga atau makhluk hidup kecil lainnya akan sangat mudah berkembang jika mobil ditinggal dalam kondisi tidak bersih atau ada sisa makanan," ujar Marketing Manager Autoglaze Indonesia, Stephen Setyadi kepada detikcom saat dihubungi, Jumat (14/6/2019).

Selain nyamuk dan berbagai serangga kecil, hewan lain yang mengganggu kendaraan saat ditinggal adalah tikus. Namun stephen mengatakan tikus hanya akan tinggal di dalam mesin ketimbang masuk ke dalam kabin.

"Kalau tikus biasanya masuk ke mesin karena lebih hangat bukan ke kabin, tapi tergantung kondisi lingkungan juga," lanjut Stephen.

Untuk itu demi menghindari ketidaknyamanan stephen menganjurkan mobil dimandikan lagi sebelum digunakan. Terlebih lagi jika mobil sudah tidak dipakai lebih dari seminggu.

"Sama seperti manusia, mobil butuh mandi supaya tetap sehat dan terhindar dari kuman-kuman pengganggu," tukas Stephen. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com