Senin, 10 Jun 2019 14:59 WIB

Ingat! Wajib Ganti Oli setelah Macet Berjam-jam saat Arus Mudik

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Deny Prastyo Utomo Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - Setelah menikmati masa liburan lebaran 1440 hijriah saatnya kembali beraktifitas. Bagi yang melakukan perjalanan jauh dan lama untuk mudik ke kampung halaman membawa mobil ke bengkel setelah kembali sangat dianjurkan.

Terlebih lagi bagi anda yang melewati jalur tol Trans-Jawa dan harus merasakan macet selama berjam-jam. Sudah perjalanan jauh dan mesin terus menyala membuat sejumlah komponen mobil perlu diservis agar bisa digunakan dengan nyaman kembali untuk bekerja.



"Untuk perawatan setelah mudik sebaiknya pertama kita ganti oli karena macet berjam-jam, udah itu kita cek lagi kondisi mesinnya oke apa engga," ujar Service Head Auto2000 Krida Cilandak, Jakarta Selatan Rudi Ganefia saat dihubungi detikcom, Senin (10/6/2019).

Selain penggantian oli komponen lain yang perlu menjadi sorotan utama setelah dikendarai untuk mudik adalah rem. Rudi menjelaskan jalanan macet membuat frekuensi pengendara menginjak rem lebih banyak sehingga berpotensi menimbulkan keausan.

"Terutama rem apakah berfungsi dengan baik atau sudah bersih lagi itu harus dibersihkan semua lagi. Jadi ga usah ikutin kilometer karena mudik macet berjam-jam," lanjut Rudi.



Untuk masalah kaki-kaki berdasarkan pengalaman Rudi mengatakan tidak banyak konsumennya yang mengeluhkan masalah tersebut pasca mudik. Ia juga menambahkan bagi pengguna mobil manual cenderung meminta kopling baru meski sudah dipastikan oleh pihak bengkel masih bagus.

"Itu tadi sepanjang pengalaman kemaren bengkel kita jarang sekali ganti ball jointnya. Kebanyakkan pengguna ini kuatir pakai manual koplingnya minta ganti meski kita sarankan koplingnya masih bagus," pungkas Rudi. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed