Minggu, 09 Jun 2019 12:14 WIB

Pentingnya Rencana Perjalanan agar Terhindar Macet Arus Balik

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
Jakarta - Puncak arus balik mudik lebaran 2019 diperkirakan terjadi hari ini, Minggu (9/6/2019). Jadi bagi detikers yang akan kembali ke ibu kota hari ini, maka bersiaplah menemui titik-titik kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Menurut instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, kemacetan sebenarnya bisa dihindari dengan perencanaan perjalanan yang tepat.



"Pengendara mobil harus merencanakan perjalanan itu sendiri. Perjalanan bukan hanya terkait logistik, tetapi juga rencana rute-rute yang akan dilalui," kata Jusri belum lama ini.

Agar terhindar dari simpul kemacetan, menurut Jusri, pengendara harus memiliki rute utama dan rute alternatif yang jadi pedoman selama perjalanan.

"Rute alternatif berguna ketika rute utama yang dipilih terjadi kemacetan, itu yang perlu dipahami," terang Jusri.



Sebagai contoh, ketika di ruas tol Trans Jawa terjadi kepadatan lalu lintas, maka pengendara bisa memilih jalur non-tol Pantura untuk menuju Jakarta.

Atau jika jalur Pantura padat oleh pengendara motor, pengendara mobil bisa memilih jalur tengah atau jalur Pansela (Pantai Selatan Jawa).

Untuk mengetahui situasi jalan yang ingin dilalui, detikers bisa memantau di aplikasi peta digital seperti Google Maps atau Waze yang bisa memberi informasi situasi jalan secara real time. Atau bisa juga dengan memantau perkembangan arus balik di sosial media.

Jika sama sekali tidak ingin terjebak kemacetan, opsi lainnya bisa dengan memilih waktu kepulangan di luar waktu puncak arus balik. Misalnya dengan memilih jadwal balik antara tanggal 10-12 Juni. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com