Sabtu, 08 Jun 2019 12:03 WIB

Suka Pilek Mendadak di Mobil? Penyebabnya Bisa Ini

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ilustrasi Foto: shutterstock Ilustrasi Foto: shutterstock
Jakarta - detikers lagi mudik dan tiba-tiba suka bersin saat masuk ke mobil? Bisa jadi penyebabnya adalah kondisi di kabin mobil yang kotor.

"Kadang kala saat kita pergi kadang pilek mendadak. Bukan dingin saja yang bikin pilek, tapi kondisi kabin yang tidak higienis. Kadang ada sendal berapa pasang di mobil, kaos kaki, makanan dan sebagainya, itu yang suka bikin pilek," ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, kepada detikcom.

Jadi selain membuat mekanis mobil lebih asyik dibawa mudik ke kampung halaman, ada baiknya juga detikers memperhatikan kondisi kabin. Salah satunya adalah AC, karena dari sinilah sumber bakteri penyebar penyakit berasal.



"AC jadi sumber utama bakteri kalau tidak pernah dibersihkan, apalagi kalau pakai pewangi, di evaporator pasti akan kotor bau apek dan itu bau bakteri, sehingga kita bersin pilek mendadak maka itu harus dibersihkan, dicopot evaporatornya, dipasang lagi dan periksa filter kabin AC, kalau kotor dikepruk saja atau semprot ringan," ujarnya.



Sebagai saran, pengendara diminta untuk mengurangi barang-barang yang berbau di dalam mobil. Kalau pun makan, konsumsi makanan yang mengandung sedikit cairan atau tidak gampang remuk. Begitu juga soal pewangi, hindari pewangi mobil yang bentuknya cairan.

"Sepatu harus dikurangi, cairan pewangi harus pakai yang lebih kering," ujarnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed