Selasa, 04 Jun 2019 17:47 WIB

4 Blunder Pengecekan Mobil Sendiri Saat Mudik

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Auto2000 Foto: Auto2000
Jakarta - Perawatan mobil terutama untuk mobil yang mau mudik bisa lebih mudah dilakukan di bengkel resmi. Memang ada biayanya, tapi kalau mau coba merawat sendiri juga bisa, asal jangan blunder saja.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, ada beberapa kebiasaan blunder pengendara saat melakukan pengecekan mandiri kendaraannya.

"Jangan sampai blunder, misalnya mau ngecek air radiator, tetapi ternyata problem di jalan seringkali nggak pernah tutup radiator, kadang nutupnya nggak sempurna. Itu bahayanya kalau ngecek sendiri," ujarnya kepada detikcom.



Blunder kedua adalah saat melakukan penambahan air pendingin. Kadang ada pengendara yang saat menutup sering terlempar tutup selangnya. "Kalau sudah seperti itu, selang udah lepas dari reservoir, awal-awalnya oke, tapi semakin lama mesin panas, memuai, nanti suhu pendingin terbuang, akhirnya overhating, sudah cukup buat mesin ngebul," ujarnya.

4 Blunder Pengecekan Mobil Sendiri Saat MudikFoto: Dadan Kuswaraharja


Usahakan tutup reservoir tertutup sempurna, biasanya ada bunyinya yang khas. "Ada penguncinya," ujarnya.

Kesalahan lain saat pengecekan oli. Menurut Suparna, kadang orang lupa menyimpan kembali lap yang digunakan untuk mengelap setik pengukur oli.

4 Blunder Pengecekan Mobil Sendiri Saat MudikFoto: detikcom


"Bersihkan setik pakai lap, banyak lho pengendara yang kain lapnya tertinggal di mesin, banyak banget, saat lap tertinggal di mesin, kain lap akan rentan terbakar saat suhu panas. Banyak kasus kebakaran karena kain lap tertinggal di mesin," ujarnya


Blunder keempat adalah saat mengisi air aki, kadang mengisi air aki kelebihan. Padahal di aki sudah ada ukuran air yang harus ditambahkan. "Kalau kelebihan maka tidak baik karena air aki akan korosif dan mempercepat kerusakan," ujarnya.

4 Blunder Pengecekan Mobil Sendiri Saat MudikFoto: Dadan Kuswaraharja


"Pengecekan ringan boleh dilakukan sendiri tapi untuk fungsi keselamatan seperti rem, kalau sangat dalam, atau ngelos, sebaiknya diservis ke bengkel resmi. Safety yang utama, lampu, baik besar, turn signal, lampu mundur, lampu kota, wajib menyala saat mudik. Hal kecil ini kadang kala sepele tapi kalau tidak berfungsi bahaya. Kalau rem tidak menyala, di belakang mobil kita ngerem dadakan," ujarnya.



(ddn/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed