Jumat, 31 Mei 2019 07:52 WIB

Rest Area Penuh, Lanjut Perjalanan atau Tetap Berhenti?

- detikOto
Ilustrasi padatnya rest area. Foto: Robby Bernardi/detikcom Ilustrasi padatnya rest area. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta - Arus mudik meningkatkan volume kendaraan dan juga kebutuhan tempat beristirahat khususnya jalan tol. Rest area sendiri memiliki fungsi yang sangat krusial dalam keadaan darurat seperti sakit dan lain sebagainya terlebih saat arus mudik. Rest area tentu sangat bermanfaat bagi para pengendara.

Meski begitu, di musim mudik tak jarang dalam situasi darurat ini pemudik mengalami kesulitan mengakses rest area karena penuh. Masalah seperti orang yang sedang sakit atau ibu hamil pun bisa tak tertangani.


"Menyikapi situasi genting seperti ibu hamil misalnya, lakukan persiapan cek kesehatan sebelum melakukan perjalanan seperti konsultasi ke dokter untuk mengetahui bahaya dan risikonya, jika risiko terlalu tinggi diharapkan menunda perjalanan," kata Instruktur Rifat Driver Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Kamis (30/5/2019).

Untuk perjalanan yang lebih aman dan nyaman ada baiknya sebelum melakukan perjalanan memahami titik-titik penting di jalur yang dilewati. Pengetahuan ini akan sangat membantu anda menyikapi berbagai kondisi tak terduga tanpa harus panik serta tak lupa pula pantau informasi terkait jalan yang dilewati.

"Pelajari titik-titik rest area yang dapat dipelajari sebelumnya sesuai dengan jam istirahat di sela berkendara. Keep update di radio-radio lokal seputar info situasi tol," jelas Andry.


Jika tidak memungkinkan berhenti di rest area pilihlah untuk keluar di gerbang tol terdekat agar bisa mengendalikan situasi darurat yang sedang dihadapi dengan aman.

"Jika tol terpantau padat hingga belasan kilometer ke depan, pemberhentian alternatif bisa dilakukan dengan keluar tol melalui pintu keluar tol terdekat," tutup Andry. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed