Senin, 27 Mei 2019 11:05 WIB

Cek Kondisi Aki Mobil Sebelum Mudik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Libur lebaran tinggal menghitung hari. Bagi banyak orang, momen libur hari raya Idulfitri ini dimanfaatkan untuk pulang kampung atau mudik. Tak sedikit pula yang mudik pakai mobil pribadi.

Sebelum berangkat mudik, pemilik mobil sangat disarankan untuk mengecek kondisi mobil. Perjalanan yang jauh sampai kampung halaman membuat mobil harus dalam keadaan sehat. Mobil yang tidak dicek kondisinya berisiko bermasalah di tengah perjalanan.



Mengutip laman Auto2000, salah satu komponen yang wajib dicek sebelum berangkat mudik adalah aki atau baterai. Pemilik mobil bisa mengecek sendiri kondisi aki dengan melihat secara fisik. Atau kalau ragu, silakan bawa mobil ke bengkel untuk dicek secara keseluruhan.

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mengatakan usia pemakaian aki pada mobil berbeda-beda tergantung pemakaian. Menurutnya, jika aki sudah lebih dari 1,5 tahun sebaiknya dicek kondisinya.



"Biasanya antara 1,5 tahun hingga 2 tahun umur dari aki tersebut, tetapi setiap mobil berbeda-beda karena melihat dari bagaimana perawatan dan cara pemakaian pemilik mobil tersebut," ujar Sapta.

Perawatan aki bisa dilakukan pemilik mobil. Menjaga kondisi aki tetap prima yang paling utama adalah menjaga voltase aki di 12V. Caranya, tidak menambah beban pada aki standar mobil. Selain itu, ketika berhenti parkir pastikan lampu mobil mati.

"Selanjutnya, apabila kendaraan lama tidak digunakan, pastikan setiap tiga hari mobil dinyalakan kira-kira 15 menit agar accu/baterai mendapatkan pengisian (charge) dari alternator," tulis laman Auto2000.



Tonton juga video Menhub Minta Semua Wilayah Cek Kelaikan Bus:

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed