Minggu, 26 Mei 2019 18:04 WIB

Hati-Hati Pakai Roof Box Saat Mudik

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Vauxhall via Newspress Foto: Vauxhall via Newspress
Jakarta - Menambahkan roof box ada mobil memang memberikan ruang tambahan untuk barang sehingga kabin menjadi lebih lega. Namun penggunaannya tidak bisa sembarangan lho detikers kalau mau selamat pulang ke kampung halaman.

Mulai dari pemasangan, beban yang ditampung, hingga kecepatan ideal saat menggunakan aksesori tambahan ini perlu diperhatikan.



"Boleh tapi penempatannya harus benar di rangka. Kedua, pastikan dia mampu menjaga keseimbangan kendaraan," kata Director Training Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat ditemui dalam acara Daihatsu Sahabat Mudik 2019 di Vehicle Logistik Centre PT Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2019).

Selain itu, penambahan roof box ini akan mengubah titik gravitasi kendaraan. Pengendara perlu menguasai cara mengemudi mobil yang dilengkapi dengan roofbox ini.



"Karena ditambah itu pasti nanti yang paling harus diperhatikan adalah centre of gravity-nya udah pindah ke atas. Sehingga mobil itu pitch roll sama bouncing semua lebih parah lagi," lanjut Sony.

Tak lupa juga kecepatan berkendara juga perlu diturunkan. Sony menganjurkan sebaiknya laju kendaraan dikurangi 10 km/jam dari batas kecepatan yang ditentukan jalur tertentu.

"Dikurangi 10 km/jam dari kecepatan yang dianjurkan rambu ya. Sebaiknya penempatan di atas yang ringan-ringan. Nggak aman lah itu (kalau keberatan)," ujar Sony. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed