Minggu, 26 Mei 2019 08:29 WIB

Persiapkan Mobil untuk Mudik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Periksa ban sebelum berangkat mudik. Foto: Grandyos Zafna Periksa ban sebelum berangkat mudik. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Libur lebaran akan hadir sebentar lagi. Libur hari raya Idulfitri ini dimanfaatkan banyak orang untuk mudik. Tak sedikit pula yang mudik pakai mobil pribadi.

Nah untuk perjalanan jauh menuju kampung halaman, sudahkah mobil dipersiapkan dengan matang? Jangan sampai nanti di tengah perjalanan mobil bermasalah sehingga bakal menyulitkan.



Untuk itu, ada beberapa tips mempersiapkan mobil sebelum mudik. Mumpung belum berangkat mudik, yuk simak mempersiapkan mobil sebelum perjalanan jauh seperti dikutip laman Mobil Oil.

- Oli Mesin: Cek level dan kondisi oli mesin, jika sudah waktunya ganti sebaiknya segera ganti oli sebelum memulai perjalanan.
- Oli transmisi dan differential: Oli di mobil tak cuma oli mesin. Oli transmisi dan drive axle juga perlu diperhatikan sebelum perjalanan jauh. Cek buku manual untuk mengetahui interval penggantian oli tersebut.
- Belt: Periksa belt mesin. Jika belt sobek, retak atau menunjukkan serat, saatnya untuk ganti yang baru.
- Radiator: Radiator berperan penting untuk kendaraan. Perangkat ini meminimalisir mesin overheat. Periksa level air radiator, isi jika kurang. Pastikan reservoir radiator yang ada di balik kap terisi sesuai levelnya. Jangan kurang atau kelebihan.
- Wiper: Cek wiper mobil, kalau sudah getas sebaiknya segera diganti. Pastikan air wiper cukup terisi. Pastikan juga semprotan air wiper bekerja dengan baik dan menyemprot di titik yang tepat.
- Tekanan dan tapak ban: Ban juga sangat penting untuk diperhatikan karena satu-satunya perangkat yang menempel ke jalan. Cek tekanan angin ban, lihat tabel di balik pintu sisi pengemudi, cocokkan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan yang tertera pada tabel tersebut. Tekanan ban rendah bikin boros bahan bakar, bahkan membuat ban lebih panas karena gesekan berlebih. Juga, lihat tapak keempat ban untuk memastikan ban tidak aus. Kalau ban sudah botak, segera ganti.
- Sistem pengereman: Periksa kondisi minyak rem. Periksa reservoir rem dan pastikan itu diisi hingga tanda 'full'. Jika minyak rem belum dikuras dalam dua atau tiga tahun, lakukan sebelum berpergian. Minyak rem yang sarat air, selain menyebabkan kerusakan pada bagian rem yang sangat mahal, juga menurunkan titik didih fluida. Titik didih yang lebih rendah dapat menyebabkan pedal rem licin. Kuras dan ganti minyak rem sesuai panduan buku manual kendaraan. Cek juga kanvas rem sebelum mudik.
- Baterai dan kelistrikan: Jika baterai di mobil sudah lebih dari beberapa tahun, periksa apakah terminalnya bebas korosi serta pastikan kabel positif dan negatifnya kencang. Jangan lupa periksa sistem kelistrikan seperti lampu-lampu hingga klakson.
- Tes mobil setelah diperiksa: Lakukan pengujian mobil di jalan tol lokal sebelum berpergian. Ini bisa dilakukan untuk mengetahui apakah ada suara bising, getaran yang bikin tidak nyaman, dan cek indikator masalah di speedometer.



Nah itu dia beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan mobil untuk perjalanan mudik. Kalau ada yang belum diperiksa, sebaiknya cek dari sekarang sebelum berangkat menuju kampung halaman. Jangan sampai timbul masalah di tengah perjalanan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed