Senin, 20 Mei 2019 12:44 WIB

Saran Rifat Sungkar Buat yang Mudik Lewat Trans-Jawa

Rizki Pratama - detikOto
Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasar Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasar
Jakarta - Kehadiran tol Trans-Jawa menjadi alternatif bagi pemudik yang ingin pulang menggunakan mobil pribadi. Buat anda yang belum pernah melewati tol ini tentu perlu pemahaman demi menghindari resiko.

Pereli Nasional, Rifat Sungkar pun juga turut memberikan saran kepada pemudik lebaran 1440 hijriah melalui tol Trans-Jawa. Menurutnya perjalanan saat malam adalah perjalanan yang paling membutuhkan persiapan.



"Tol yang baru ini, lebih bagus dari yang lama. Cuma antisipasi malam itu masih penting karena penerangan malamnya kurang," ujar Rifat saat ditanyai beberapa waktu lalu.

Menurutnya untuk mengurangi biaya penambahan lampu penambahan elemen skotlet bisa menjadi solusi. Terlebih lagi saat darurat bahan ini akan memantulkan cahaya secara langsung. Barang-barang darurat seperti rompi, segitiga darurat juga perlu berbahan skotlet.



"Gue nyaranin bawa barang-barang yang segitiga yang ada reflektor, rompi yang ada reflektor, karena rompi ini sangat membantu ketika sedang darurat. Ingat tidak saat kejadian buka ban kemudian keserempet," tambah Rifat.

Rifat menambahkan penggunaan scotlite ditegaskan pada mobil yang lebih besar.



"Apalagi mobil truk, mereka ingin pasang lampu di truk dan harus urus kelistrikan di truk yang keluar duit. Lebih baik pasang skotlet kotak besar di belakangnya seperti di luar negeri," imbuhnya.

"Kenapa skotlet kotak besar? Kalau tiba-tiba nyala gede, maka lo tau itu adalah barang gede dari jauh. Kalau lampu taro di bawah, nanti kalo deket baru tahu kalau itu barang gede. termasuk juga bus," papar rifat. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com