Kamis, 16 Mei 2019 12:54 WIB

Biar Mudik Nyaman, Kenali 5 Tanda AC Mobil Perlu Diservis

Ridwan Arifin - detikOto
Perawatan AC mobil Foto: dok. Denso Perawatan AC mobil Foto: dok. Denso
Jakarta - AC menjadi penunjang kenyamanan saat perjalanan menggunakan mobil. Apalagi kalau mobil dipakai untuk mudik dengan perjalanan yang jauh, tentunya AC membuat udara kabin lebih segar sehingga mudik lebih nyaman.

Product Manager Coolkars Serpong, Susanto, memberikan beberapa poin penting agar pemilik mobil yang ingin menggunakan mobil untuk mudik memperhatikan kondisi AC mobil demi kenyamanan. Ada lima hal yang menjadi tanda bahwa AC mobil perlu dilakukan pengecekan dan perawatan.

Pertama adalah hembusan angin kecil dan bergemuruh dari kisi-kisi AC. Hal itu disebabkan oleh filter kabin atau evaporator yang kotor. Sebaiknya, jika AC mobil timbul gejala seperti itu, segera dibersihkan agar embusan angin kembali normal.



"Kedua, dengarkan suara mesin. Saat kita menyalakan AC mobil jika terdengar suara cut on-cut off putaran fan radiator dan cetrekan bunyi Magnetic clutch, kondisi AC bekerja normal," kata Santo kepada detikcom, Kamis (16/5/2019).

Namun, kalau tidak terdengar suara tersebut, segera periksa ke bengkel AC mobil. Kemungkinan ada kebocoran refrigerant atau freon kurang sehingga suhu tidak pernah tercapai.

Ketiga, aroma bau pada AC. Ketika menyalakan AC lalu tercium bau tidak sedap, dipastikan terjadi suatu permasalahan pada AC mobil. Aroma tidak sedap ini bisa menjadi pertanda peringatan adanya pertumbuhan jamur di unit AC. Aroma seperti ini harus segera mendapatkan perawatan, karena keberadaan jamur tersebut dapat menyebabkan masalah pernapasan dan masalah kesehatan lainnya.



Keempat, muncul air menetes pada kabin dan kisi-kisi AC mobil. Kalau tetesan airnya masuk ke kabin dan kisi-kisi, ada hal yang tidak beres. Namun, kalau tetesan itu ada di kolong mobil luar, itu hal yang normal dan masih bagus.

Terakhir pemudik disarankan untuk mengecek fan radiator dan air coolant. Untuk mengantisipasi kondisi macet, motor fan harus kerja ekstra. Jika tiba-tiba mati, akan berdampak fatal baik ke AC atau ke mesin.


Tonton juga video Mudik via Tol Trans Jawa? Berikut Ini Daftar Tarifnya:

[Gambas:Video 20detik]

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed