Kamis, 16 Mei 2019 11:09 WIB

Beli Mobil Bekas Murah buat Mudik, Ini Tipsnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil bekas Suzuki Swift Foto: Luthfi Anshori Mobil bekas Suzuki Swift Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Mobil bekas menjadi incaran banyak orang untuk digunakan mudik Lebaran tahun ini. Selain mudah didapat karena barang tersedia tanpa inden, harganya juga lebih murah dibanding mobil baru.

Tapi, kalau mau membeli mobil bekas sebaiknya jangan asal pilih. Perhatikan riwayat mobil, kondisi mobil, hingga kelengkapannya. Jangan sampai beli mobil bekas bukannya untung malah buntung lantaran mendapat mobil yang sudah tidak sehat.



Laman Suzuki Indonesia memberikan tips membeli mobil bekas. Memang, agar punya harga jual yang tinggi, terkadang penjual mobil bekas melakukan cara curang, salah satunya dengan memanipulasi jarak tempuh kilometer jadi seolah-olah mobil jarang digunakan atau memiliki jarak tempuh yang rendah.

Sebenarnya para pabrikan mobil sudah punya fitur khusus yang membuat orang lain tidak bisa memanipulasi jarak tempuh mobil. Ada beberapa cara mengetahui apakah jarak tempuh mobil benar-benar nyata atau dimanipulasi. Itu bisa dilihat dari kondisi fisik mobil.



"Logikanya, mobil dengan jarak tempuh rendah berarti jarang digunakan. Nah jika mobil jarang digunakan, otomatis kondisi bodi mobil masih sangat mulus, dan cat masih mengkilap. Pasalnya, tidak mungkin mobil yang jarang dipakai disimpan di luar rumah," tulis laman Suzuki.

Selanjutnya bisa dengan mengecek komponen mobil. Misalnya ban, lihat apakah ban sudah botak atau masih bagus.

Selain itu, kondisi interior juga bisa mencerminkan kondisi mobil. Terutama bagian jok, jika jok terlihat kusam, berarti mobil sering digunakan.

Kemudian cek bagian atap mobil dan bandingkan dengan cat bodi samping. Bagian atas ini jarang sekali diperhatikan. Kalau cat samping masih bagus sementara cat atas terlihat kusam, berarti mobil sering terkena sinar matahari, kemungkinan adalah mobil capek alias sering digunakan.

Pembeli mobil bekas sebaiknya jangan tergoda dengan harga murah. Kalau kurang mengerti tentang mobil, bisa ajak orang lain yang dipercaya untuk membantu menilai apakah mobil bekas itu layak dibeli atau tidak.



Tonton video Mudik via Tol Trans Jawa? Berikut Ini Daftar Tarifnya:

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed