Selasa, 14 Mei 2019 15:58 WIB

Isi BBM Full Tank Tak Selalu Berdampak Baik, Kok Bisa?

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Berbicara mengisi bahan bakar, kebiasaan pemilik kendaraan roda empat beragam. Tapi tak jarang juga yang mengisi BBM hingga penuh atau full tank. Nah detikers tahu tidak, sebenarnya prilaku tersebut tidak selalu berdampak baik loh.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, selain kadar RON dalam bahan bakar bensin, volume pengisian juga penting untuk diperhatikan. Pengisian bahan bakar dengan penuh memang disarankan guna mencegah risiko karat pada tempat penyimpanan BBM. Terlebih bila kendaraan aktif digunakan.



Selain karat, pemilik kendaraan juga tentunya bakal lebih merasa nyaman karena rasa khawatir bensin habis di tengah perjalanan berkurang. Dan, tidak terlalu sering ke SPBU guna mengisi bahan bakar ulang.

Tetapi, jangan sampai volume cairan BBM meluap ke permukaan. Sebab tangki BBM juga butuh ruang untuk udara agar BBM tersebut bisa mengembang. Apabila ruang tangki penuh dengan bensin, udara yang ingin keluar akan melalui lubang hawa.



Hal tersebut akan membuang BBM dengan percuma. Jadi, sebaiknya meminta petugas SPBU menghentikan pengisian BBM saat nozzle sudah berbunyi 'klik'. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed