Sabtu, 11 Mei 2019 19:01 WIB

Beli Mobkas Buat Mudik? Lihat Interiornya Dulu

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil bekas Mazda2 Foto: Luthfi Anshori Mobil bekas Mazda2 Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Membeli mobil bekas masih menjadi pilihan, sebab tidak semua masyarakat dapat membeli mobil baru. Sebabnya adalah harga, kendati demikian, memilih mobil bekas bukanlah perkara yang mudah.

Banyak hal yang perlu diperhatikan, Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan semua sektor mobil perlu diperhatikan. Jika tidak teliti, bukan mendapatkan mobil yang pas, aman, dan nyaman melainkan malah menyusahkan ketika dipakai perjalanan jauh seperti perjalanan mudik.



"Pertama saya selalu bilang, belilah dari tempat yang terpercaya dan kita tahu persis mobilnya tidak masalah. Untuk lebaran ini mau dipakai jauh, khusus lebaran ini fokusnya ke sana," ujar Fischer di Jakarta.

Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu indikasi awal mobil bekas dapat dilihat dari interior. "Interior memegang peranan penting pada saat membuat keputusan untuk membeli mobil bekas, bagaimana kita tahu mobil itu terawat dari interiornya. Kalau interiornya rapih pasti orang itu sangat care dengan mobilnya, nah itu tipsnya," ujar Fischer.

"Itu secara logis, kalau orang menjaga mobil dalamnya bagus, rapih, kita kan punya asumsi orang itu peduli dengan mobil. Jadi (kemungkinan) dia jaga mesin, kaki-kaki semuanya tuh. Tapi kalau bicara apa saja yang dilihat semuanya (perlu dilihat). Dari body, mesin, kaki-kaki, interior, kelistrikan," urai Fischer.



"Ini (interior rapih) saya bilang logika sederhana, kalau dia jaga interiornya kemungkinan dia jaga mobilnya. Tapi jangan juga dijadikan rumus, ini indikasi awal," jelas Fischer.

Terakhir meski sudah meluncurkan aplikasi Mobil88 e-store, Fischer mengatakan bahwa salah satu cara untuk membeli mobil bekas yang tidak bisa ditinggalkan adalah melakukan test drive. Hal ini juga penting mengingat konsumen dapat menilai apakah mobil masih laik dan kondisinya memang benar terbaik.

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com