Kamis, 11 Apr 2019 15:31 WIB

Beralih dari Manual ke Matik? Ini Tips Penting dari Rifat Sungkar

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Foto: Autodeal Ilustrasi Foto: Autodeal
Jakarta - Seiring berjalannya waktu mobil bertransmisi otomatis semakin diminati di pasar Indonesia. Tak sedikit orang yang terpincut kemudahan mengemudi tanpa menginjak kopling pada saat macet-macetan.

Nah untuk anda yang baru akan beralih dari manual ke otomatis ada satu hal penting yang perlu diingat. Menurut Rifat Sungkar seperti yang dikatakan melalui kanal Youtubenya, orang yang pertama kali beralih dari transmisi matik ke manual sebaiknya tidak mengerem menggunakan kaki kiri.



"Ketika pertama kali coba mobil matik, baru pertama kali dari manual ke matik satu tips dari saya dan ini highly important, jangan ngerem pakai kiri," ujar Rifat.

Rifat menjelaskan ada penyesuaian kebiasaan yang akan membahayakan pengguna matik pertama. Pengguna manual yang terbiasa akan berpikir pedal kiri adalah kopling dan kaki kanan adalah rem yang sebenarnya adalah gas.

Selain itu mengerem dengan kaki kiri dan menginjak gas pada saat bersamaan menimbulkan risiko yang berbahaya. "Karena ngerem pakai kaki kiri itu dan gas yang bersamaan pertama itu sangat membahayakan karena kita tidak pernah punya feeling pakai kaki kiri kecuali itu pembalap gokart," lanjut Rifat.



Masalah lain yang muncul ketika menginjak rem dan gas bersamaan pada mobil matik adalah transmisi bekerja terlalu keras. Sedangkan untuk mobil yang sudah menggunakan fitur Brake Override akan menyebabkan mesin berhenti bekerja.

"Di teknologi mobil matik sekarang kita punya satu fitur namanya brake override. Brake override diciptakan untuk sebuah keadaan darurat. Ketika lagi kencang ada rem mendadak kita rem dan injak dua-duanya barengan. Karena pedal kopling tidak ada, kita bisa disoriented dalam waktu sekejap. Begitu gas sama rem diinjak dua-duanya, mobil akan memerintahkan 'mengalahkan' gasnya. Jadi setelah 3 detik diinjak dia akan disconnect gasnya," papar Rifat

Pada akhir video Rifat mengingatkan untuk tetap rileks saat menggunakan mobil matik. Biarkan kaki kiri bersantai tanpa melakukan sentuhan tidak perlu pada pedal rem. "Jadi udah beli mobil lebih mahal, taruh aja kaki kiri di footstep, santai aja ngga apa apa itu," tutupnya.

[Gambas:Youtube]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed