Minggu, 07 Apr 2019 16:44 WIB

Kiat Membedakan Jok Kulit Sintesis Asli dengan Tiruan

Ridwan Arifin - detikOto
Jok kulit. Foto: Danish Car Jok kulit. Foto: Danish Car
Balikpapan - Jok berbahan sintetis menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan kendaraan. Harganya yang terbilang jauh lebih murah dibanding jok kulit asli, namun meski begitu tak jarang oknum memanfaatkan ceruk keuntungan dengan membuat produk tiruan.

Brand Manager MBTech, Dana Iswanto mengatakan agak sulit membedakan kulit sintetis asli dengan yang palsu ketika sudah terpasang di jok kendaraan, walhasil kualitas serta ketahanan warna pun tidak sekuat dengan yang asli.



"Bentuk fisik dari backprint MBTech (Capnya), cuma kalau sudah dipasang kan tidak bisa kelihatan," ujar Dana di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah meminta kekuatan jaminan dari pedagang, lewat kwitansi hasil transaksi. Hal ini semacam garansi psikologi buat konsumen, sebab bila terjadi penurunan kualitas setelah 6 bulan, komplain konsumen bisa lebih kuat dengan bukti tersebut.

"Sebelumnya kita bikin campaign, jadi seat market-nya stempel di kwitansi 100 persen penggunaan MBTech asli, biasanya setelah 6 bulan yang palsu kelihatan (perubahan) warna, customer balik lagi pasti ke seat makernya. Jadi sebetulnya itu untuk tanggung jawab ke seat makernya, tapi kalau sekarang seat maker yang sudah punya nama nggak mungkin," ujar Dana.

Tips dari Dana, untuk memastikan bahan pelapis yang digunakan adalah MBtech asli, disarankan memilih seat maker yang sudah memiliki nama besar.


Pihak PT Polystar International sebagai agen distributor MBTech juga bisa memberi rujukan seat maker yang menjamin bahwa kulit sintetis yang digunakan adalah MBtech asli.

"Kita ada hotline servisnya, jadi bisa menyarankan (seat maker)," ujar Dana. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed