Sabtu, 23 Feb 2019 18:30 WIB

Waduh! Interior Mobil Bisa Sebabkan Kanker

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi interior mobil Foto: Ari Saputra Ilustrasi interior mobil Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil, sofa, pengharum mobil bisa menghasilkan Benzene yang menjadi penyebab kanker yang disebabkan oleh karsinogen. Karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam Deoksiribonukleat (DNA) dalam sel tubuh yang mengganggu proses biologis.

Benzene yang dihasilkan oleh proses karsinogen terjadi pada mobil yang diparkir dengan jendela tertutup dan di bawah terpaan terik matahari langsung. Jika anda ingin membuktikannya, luangkan sedikit waktu setelah masuk ke mobil yang terparkir cukup lama di bawah matahari. Dari dashboard akan tercium bau khas yang mana jika dihirup terus menerus bisa menyebabkan gangguan biologis.



Selain menyebabkan Kanker, Benzene meracuni tulang-tulang anda, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Bila terhirup terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan Leukemia dan menambah resiko penyebab kanker.

Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi sebesar 50mg/ft2, sedangkan sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800mg benzene. Jika parkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada 15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik 40 kali dari tingkat Benzene yang bisa ditoleransi yaitu sebesar 2000-4000 mg.



Toyota Astrido sebagai salah satu diler resmi Toyota memaparkan sejumlah tips untuk menghindari pengguna mobil dari serangan kanker. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah saat akan berkendaraa dengan mobil yang sudah terparkir lama dalam keadaan tertutup jangan langsung dikendarai. Sebelumnya biar AC menyala beberapa menit sebelum menutup kembali pintu atau kaca mobil.

Orang-orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil dan tidak membuka jendela sama sekali, berakibat akan menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh. Benzene dapat mempengaruhi ginjal dan hati. Buruknya, sangatlah sulit bagi tubuh untuk membasmi racun-racun tersebut.

Jadi bukalah pintu dan jendela mobil sebelum anda masuk dan berilah waktu untuk racun-racun yg mematikan ini keluar, sebelum anda masuk ke dalam mobil. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed