Senin, 14 Jan 2019 19:13 WIB

Bahaya Bird Box Challenge saat Mengemudi, Jangan Ditiru!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bird Box Challenge Bikin HR-V Remuk. Foto: Twitter Departemen Kepolisian Layton Bird Box Challenge Bikin HR-V Remuk. Foto: Twitter Departemen Kepolisian Layton
Jakarta - Setelah keluar film Netflix berjudul 'Bird Box', kini muncul tantangan Bird Box Challenge yang berbahaya dibagi oleh pengguna medsos. Dalam tantangan itu, seseorang harus melakukan sesuatu dengan mata tertutup. Termasuk mengemudi.

Tantangan itu lahir dari cerita di film 'Bird Box'. Dalam film diceritakan bahwa untuk bertahan hidup orang-orang tidak boleh melihat makhluk yang misterius. Kalau melihat makhluk itu, mereka otomatis akan bunuh diri. Maka dari itu, dalam film mereka yang bertahan hidup akan menutup matanya agar tidak melihat makhluk tersebut.



Beberapa pekan ke belakang, banyak orang Amerika yang melakukan Bird Box Challenge dengan menyetir mobil tanpa melihat. Akhirnya, Bird Box Challenge ini pun menimbulkan korban. Seorang gadis 17 tahun di Utah, Amerika Serikat menabrakkan mobilnya ke kendaraan lain saat mengemudi mengenakan penutup mata. Untungnya, tidak ada yang terluka meski terdapat kerusakan pada body samping sebuah Honda HR-V berwarna putih.

Menanggapi tantangan berbahaya ini, Andry Berlianto sebagai instruktur RDL mengingatkan netizen atau pengemudi agar lebih bijak menyikapi tren. Apalagi jika berhubungan dengan mengemudi dan keselamatan.



"Stop ikut-ikutan kegiatan tersebut karena bisa berakibat pada kematian," kata Andry kepada detikOto.

Mata tertutup praktis membutakan pengemudi dalam melihat arah jalan. Otomatis gerakan kendaraan menjadi tidak terarah dan bisa berimbas pada kecelakaan.

"Efek terburuk dalam berperilaku buruk saat mengemudi adalah kematian di mana tidak hanya akan menghilangkan nyawa sendiri tapi juga nyawa orang lain. Challenge menjadi tidak penting jika usahanya harus mempertaruhkan nyawa," tegas Andry.


Tonton juga video 'Hati-hati! Netflix Ingatkan Bahaya Bird Box Challenge':

[Gambas:Video 20detik]


Bahaya Bird Box Challenge saat Mengemudi, Jangan Ditiru!
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed