Sabtu, 05 Jan 2019 13:15 WIB

Tips Mobil

Ban Mobil Pecah di Jalan, Jangan Ngerem Dadakan Ya

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi ban mobil kempes Foto: Newspress Ilustrasi ban mobil kempes Foto: Newspress
Jakarta - Ban mobil pecah di jalan dapat terjadi kapan saja ketika persiapan perjalanan kurang diperhatikan. Ketika terjadi hal tersebut, janganlah panik sebab kemungkinan fatal bisa saja terjadi seperti mobil menjadi terguling.

Dilansir laman Hyundai Indonesia, pecah ban lebih sering terjadi ketika mobil dipacu dalam kecepatan yang kencang. Bilamana Otolovers mengalami hal ini, jangan langsung melakukan rem mendadak atau hard braking.

Foto: Newspress


Sebab ketika salah satu ban mobil pecah maka keseimbangannya akan menjadi sulit dijaga atau dikendalikan. Maka bila dilakukan hard braking, mobil dapat berisiko terguling. Jadi baiknya lakukan pengereman dengan bantuan engine brake.

Caranya, turunkan posisi persneling. Misalnya sedang berada di gigi empat dapat diturunkan ke tiga agar laju mobil sedikit tertahan. Dengan bantuan engine brake itu, laju mobil bisa lebih mudah dikendalikan sehingga tidak akan terguling meskipun sedang melaju kencang.



Setelah itu, para pengemudi langsung membawa mobil tersebut ke tepi jalan yang sekitarnya aman dari kendaraan lain di sekitar lokasi kejadian. Lalu hubungi pihak terkait agar bisa segera ditangani atau keluarkan piranti penanganan pertama seperti ganti ban serep.

Jadi ingat ya Otolovers jangan langsung mengambil langkah mengerem mendadak jika ban mobil tiba-tiba pecah. Biarkan mobil berjalan dan kendalikan kemudi seperti biasa supaya mobil tak melaju ke kanan atau ke kiri yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.


(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed