Jumat, 04 Jan 2019 08:59 WIB

Perlukah Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan?

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi memanaskan mesin mobil. Foto: Dadan Kuswaraharja Ilustrasi memanaskan mesin mobil. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Banyak yang mengatakan kalau memanaskan mobil beberapa menit sebelum dipakai berpergian menjadi sesuatu yang wajib. Hal tersebut sengaja dilakukan agar mesin lebih panas, sehingga ketika dikendarai semua komponennya bisa bekerja dengan baik.

Anggapan tersebut mungkin ada benarnya. Namun sebenarnya tidak memanaskan mobil dalam waktu lama sebelum digunakan pun tidak masalah.



"Tidak, tidak menjadi kewajiban untuk memanaskan kendaraan dan mendiamkannya dalam beberapa menit sebelum membawanya pergi. Bahkan di cuaca dingin sekalipun hal tersebut tak perlu dilakukan," tutur Service Manager for Performance Ford Lincoln Bountiful Gwen Giles dikutip ABC4, Jumat (4/1/2019).

"Paling hanya satu hingga dua menit biarkan oli-oli mengalir ke mesin, langsung masukkan gigi dan berjalan lah," sambungnya.

Teknologi baru yang tersemat di dalam mobil-mobil zaman now lebih modern dan canggih. Semua komponen bisa bekerja sekalipun kondisi mesin masih dingin. Mobil-mobil yang harus dipanaskan sebelum digunakan adalah yang masih menggunakan karburator.

Gwen menyebut mobil-mobil dengan karburator zaman sekarang sudah langka. Kebanyakan mobil berkaburator adalah dibuat sebelum tahun 1981.


"Tapi lain cerita kalau mobil masih memiliki karburator. Banyak komponen yang baru bisa bekerja ketika mesin panas. Hal itu yang membuat Anda harus memanaskan mesin terlebih dahulu, membiarkannya pada suhu hangat baru mobil bisa berjalan dengan baik," ungkap Gwen.

Gwen juga menyarankan agar mobil rajin melakukan perawatan berkala agar kondisinya tetap baik dan panjang umur. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed