Rabu, 19 Des 2018 18:00 WIB

Tinggalkan Mobil Saat Libur Panjang? Perhatikan 8 Hal Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Parkir mobil. Foto: Rachman Haryanto Parkir mobil. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Liburan akhir tahun sebentar lagi akan tiba, Otolovers sudah punya rencana hendak jalan-jalan ke mana? Buat yang ingin liburan panjang tapi tidak menggunakan mobil pribadi nggak boleh lupa lho untuk memperhatikan kendaraannya sebelum ditinggal.

Hal ini dilakukan agar mobil saat digunakan kembali dalam keadaan prima, dan juga menghindari komponen yang bakal rusak. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Pertama adalah periksa rem tangan, Otolovers perlu melepas rem tangan dikhawatirkan jika rem tangan terus bekerja terlalu lama piringan rem dan minyak akan lengket. Hal yang lebih cerdas untuk dilakukan bisa menggunakan sepotong kayu atau bahkan batu bata yang ditaruh di sela-sela ban.



Kedua, memarkirkan mobil dalam ruangan yang terlindungi dari sinar matahari dan hujan, lalu gunakan sarung mobil dengan kualitas bagus. Hal ini diperlukan agar mobil tidak secara langsung terpapar cahaya matahari dan hujan secara bergantian yang dapat merusak cat dan body mobil.

Ketiga, menggunakan dongkrak agar posisi mobil tidak menempel dengan lantai atau tanah. Konsen utamanya adalah ban tidak terus-menerus menahan beban kendaraan di titik yang sama.

Keempat bersihkan interior sebelum meninggalkan mobil. Orang cenderung meninggalkan sampah di mobil, termasuk pembungkus cokelat atau biskuit (dengan remah-remah di dalamnya), koran bekas, botol air, dan sebagainya. Semua ini bisa membusuk atau, lebih buruk lagi, menarik hewan pengerat yang dapat merusak karpet, sarung jok dan bahkan kabel. Jadi, bersihkan bagian dalam secara menyeluruh dan semprotkan sedikit penyegar, tapi jangan gunakan terlalu banyak.

Kelima perawatan busi, jika Anda akan meninggalkan mobil Anda dalam waktu lama, disarankan untuk melepas busi dan menyemprotkan sedikit minyak ke stop kontak sebelum memasang kembali busi. Ini akan membantu mencegah bagian dalam kepala silinder berkarat dan menjaga kelembaban. Anda juga dapat menggunakan aditif bahan bakar yang memberikan lapisan pelindung ke bagian dalam mesin.



Keenam merawat baterai aki, lebih baik untuk melepas baterai jika akan pergi untuk waktu yang lama. Gunakan jeli petroleum atau minyak pelumas pada terminal dan ujung kawat untuk mencegah karat. Pastikan baterai terisi penuh dan isi ulang level air. Simpan baterai di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung.

Atau lepas kabel aki atau kepala aki untuk mengurangi risiko aki menjadi rusak atau kehilangan daya.

Ketujuh, bensin dalam mobil, salah satu masalah utama meninggalkan mobil yang tidak terpakai adalah berkarat di bagian dalam tangki bahan bakar. Cara terbaik untuk menghindari ini adalah mengisi mobil hingga penuh dengan bensin berkualitas, dan bahkan menambahkan beberapa aditif bahan bakar. Ini akan menjaga kelembaban masuk ke tangki dan mencegah karat pada tangki bahan bakar. Tentu saja, pastikan bahwa tangki ditutup dengan benar.

Kedelapan, ganti oli dan filter. Minyak bekas mengandung kelembaban, serbuk logam, lumpur dan elemen korosif lainnya. Yang terbaik adalah memasukkan oli mesin dan filter baru sebelum pergi. Namun, lakukan perjalanan selama beberapa kilometer agar oli segar tersebut didistribusikan di dalam mesin. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed