Rabu, 10 Okt 2018 17:13 WIB

Biar Dompet Tak Tekor, Yuk Simak Tips Irit BBM

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Petugas SPBU tengah melakukan pengisian BBM kendaraan Foto: Rachman Haryanto Petugas SPBU tengah melakukan pengisian BBM kendaraan Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) keluaran Pertamina hari ini mengalami kenaikan. Mulai dari Pertamax cs tadi jam 11.00 WIB sampai Premium yang akan naik harga per jam 18.00 WIB nanti. Meski akhirnya untuk Premium kenaikan harganya dibatalkan pemerintah, hanya beberapa saat setelah Menteri ESDM Ignasius Jonan mengumumkan kenaikan harga Premium sebesar 7 persen.



Belum diketahui apakah Pertalite akan segera naik harga. Dalam siaran pers Pertamina, masih disebutkan Pertalite tidak mengalami kenaikan harga. Nah biar kantong tidak tambah tekor, ada baiknya Otolovers menyimak tips menghemat BBM kendaraan.

Agar tidak haus BBM, mobil wajib dirawat secara teratur. Baca buku petunjuk mengenai kapan waktu servis, karena masing-masing pabrikan berbeda-beda. Ada yang meminta 10.000 km sekali ada juga yang lebih cepat, 5.000 km sekali.



Yang kedua, jangan memanaskan kendaraan terlalu lama, cukup maksimal sekitar 2-3 menit saja. Mobil zaman now sistem pembakarannya lebih bagus sehingga kita tidak perlu memanaskan mobil dalam waktu lama agar performanya bagus.

Isi tekanan angin ban dengan tepat. Cara mengetahuinya, bisa dengan melihat petunjuk yang biasanya ada di bagian pintu pengemudi. Ada yang meminta 30 ps, 34 ps, tergantung beban kendaraan. Dan lakukanlah pengecekan tekanan angin selama 1 bulan sekali, ini bisa menghemat hingga 3-4 persen.

Menggunakan angin nitrogen juga bisa membuat Anda menghemat ongkos, meski di awalnya agak sedikit mahal dibanding angin biasa.



Tips berikutnya, pakai BBM yang sesuai. Mobil LCGC dan mobil terbaru biasanya meminta bahan bakar minimal RON 92, agar performa maksimal dan irit BBM.

Tak lupa pasang AC sesuai kebutuhan. Karena AC ini merupakan salah satu fitur yang bikin mesin bekerja berat. Tak lupa rencanakan rute perjalanan Anda, hindari jalur-jalur yang rawan macet.

Kemudian jaga kecepatan mobil dengan stabil dan konstan, jangan gatel membejek pedal gas dalam-dalam karena pasti akan membuat konsumsi BBM tekor! (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed