Senin, 09 Jul 2018 20:32 WIB

Hati-hati, AC Mobil Kotor Bisa Bikin Pengendara Keracunan

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi AC Mobil Foto: SsangYong Ilustrasi AC Mobil Foto: SsangYong
Jakarta - Filter udara dan AC menjadi salah satu komponen mobil yang harus diperhatikan. Filter udara yang kotor bisa membuat udara yang keluar juga kotor sehingga meracuni pengendara dan penumpang mobil.



Diberitakan The Sun, Senin (9/7/2018), beberapa mobil yang beredar di Inggris seperti Ford Fiesta, Volkswagen Polo, dan Toyota C-HR berpotensi untuk meracuni pengendara akibat partikel beracun dari filter udara yang kotor.

Racun tersebut cukup berbahaya karena pengendara bisa terkena asma dan masalah kesehatan lain. Dalam sebuah penelitian, Toyota C-HR misalnya hanya bisa mengusir 1 persen partikel beracun dalam filter udara sementara VW Polo 35 persen.



Mercedes-Benz bisa menyaring 90 persen udara kotor bahkan di kemacetan sekalipun. CEO Emission Analytics Nick Molden menyebut perusahaannya menemukan 57.000 partikel beracun di setiap 1 cm kubik udara di pinggir jalan.

Itu berarti pengendara menghirup 28 juta partikel di setiap nafasnya kalau filter tak rajin dibersihkan.

"Hanya sedikit data yang diberikan ke konsumen soal barang yang mereka beli terutama soal mobil. Maka kalau Anda memiliki anak berpenyakit asma, Anda tidak bisa memastikan mobil yang Anda beli bisa melindungi mereka," tutur Nick. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed