Jumat, 08 Jun 2018 21:15 WIB

Mudik Bawa Mobil, yang Aman Berangkat Malam atau Siang?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jalur mudik di siang hari. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom Jalur mudik di siang hari. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Jakarta - Mudik dengan nyetir mobil sendiri perlu perhatian khusus. Perjalanan panjang menuju kampung halaman tentu akan menguras tenaga. Apalagi kalau sedang berpuasa di siang hari.

Mungkin masih banyak yang mempertanyakan lebih aman mana mudik berangkat malam atau siang. Pertimbangannya, kalau malam pencahayaan kurang, kalau siang sedang berpuasa.


Menurut Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mau berangkat siang atau malam boleh-boleh saja. Asalkan pemudik menyesuaikan dengan kondisi fisik atau kesehatan pengemudi.

"Sebab, keduanya (siang atau malam) bisa bahaya jika tubuh pengemudi tersebut tidak maksimal," kata Sony kepada detikOto, Jumat (8/6/2018).

Yang pasti, kata Sony, mengemudi saat kondisi terang maupun gelap mempunyai rintangan yang berbeda. Saat siang hari ketika sedang puasa, masalahnya adalah emosi panas, dehidrasi dan lain-lain.

"Sementara saat malam masalahnya adalah circadian rhythms (jam kerja tubuh), ngantuk, jarak pandang terbatas, silau lampu dan lainnya. Kedua hal ini sama bahayanya kalau pengemudi tidak paham batas kemampuan diri. Jadi nggak ada yang lebih baik kecuali disesuaikan dengan kemampuan diri," jelas Sony.


Misalnya, ada orang yang matanya tidak bisa terpapar sinar lampu berkali-kali dari kendaraan lain saat malam hari, dia bisa memilih berangkat siang. Atau, ada sebagian orang yang tidak tahan sinar matahari atau karena dehidrasi saat puasa, silakan jalan malam hari.

"Tapi kendalanya jam kerja tubuh (circadian thytms) sesuai nggak? Kedua-duanya (berangkat siang atau malam) butuh istirahat cukup enam jam sebelum berangkat dan rutin istirahat 4 jam sekali selama perjalanan," jelasnya. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Baru Pramugari Garuda

    Mobil Baru Pramugari Garuda

    Selasa, 11 Des 2018 13:50 WIB
    Garuda Indonesia memilih Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional para awak kabin. Garuda memilih varian GLS MT dengan warna Sterling Silver Metallic.
  • Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Lamborghini Recall 1.152 Unit Gallardo

    Selasa, 11 Des 2018 13:24 WIB
    Recall bisa terjadi pada mobil apa saja. Produsen mobil sport asal Italia Lamborghini mengumumkan akan menarik salah satu model lama, Gallardo.
  • Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Pramugari Garuda Diantar Xpander

    Selasa, 11 Des 2018 12:20 WIB
    Pramugari dan awak kru maskapai flag carrier Indonesia, Garuda Indonesia bakal naik mobil operasional baru. Mobil itu adalah mobil MPV Mitsubishi Xpander.
  • Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Mobil Eropa Pecundangi Jepang

    Selasa, 11 Des 2018 12:11 WIB
    Jepang terkenal dengan mobilnya yang sangat efisien. Namun mobil terbaik di negara Jepang ternyata bukan mobil buatannya sendiri, melainkan buatan Swedia! Volvo