Senin, 28 Mei 2018 13:12 WIB

Hindari Apes Mobil Tertiban Truk, Ini Antisipasinya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Truk Timpa Mobil Fortuner. Foto: Facebook/Fortuner Racing Thailand Truk Timpa Mobil Fortuner. Foto: Facebook/Fortuner Racing Thailand
Jakarta - Kecelakaan nahas terjadi di Thailand. Sebuah mobil Toyota Fortuner gepeng tertiban truk kontainer.

Dari video yang beredar di media sosial, truk kontainer itu tampak kehilangan kendali. Truk pun terguling dan menimpa Fortuner hingga gepeng.

"Apes atau nahas mungkin tidak bisa dihindari. Tapi melakukan usaha preventive (pencegahan) bisa jadi jalan untuk mengurangi risiko. Mengacu ke kasus tertindihnya mobil oleh kontainer yang rubuh mari bicara cara menyikapinya dengan menjauhi bahaya," kata Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, kepada detikOto, Senin (28/5/2018).



Langkah antisipasi pertama adalah, pengendara harus mengemudi dengan pandangan luas dan meningkatkan kepekaan terhadap bahaya serta risiko yang tertangkap oleh mata. Waspadai setiap objek statis (diam) dan dinamis (bergerak, seperti kendaraan bermotor atau pejalan kaki) serta pahami penanganannya.

"Contoh saat melihat adanya anak kecil di pinggir jalan memegang bola, mobil parkir dengan lampu belakang menyala, gerakan zig-zag kendaraan lain, kendaraan yang melaju kencang di depan dan dari belakang, keberadaan truk-truk besar di jalur industri, gerakan anak-anak di lingkungan sekolah dan lain sebagainya

Gunakan kaca spion sebagai alat bantu melihat ke belakang. Aktifkan kepala saat monitor sisi samping.



"Jaga jarak atau buat jarak aman dengan kendaraan berat dan perhatikan potensi bahaya dan risikonya," sebut Andry.

Disarankan untuk menjauh dari truk. Jika perlu dengan mundur perlahan atau langsung bergerak cepat mendahului (truk) sebagai bagian dari penanganan bahaya.

"Praktik antisipatif kiranya dapat mereduksi bahaya menjadi minim dan tetap siaga saat mengemudi adalah hal wajib bagi setiap pengemudi," sebutnya.

Sementara itu, foto-foto kondisi Fortuner yang gepeng itu juga beredar viral di dunia maya. Di grup Facebook Fortuner Racing Thailand, terdapat foto-foto yang menggambarkan kondisi Fortuner itu. Kondisinya gepeng hingga Fortuner yang sejatinya adalah mobil yang cukup tinggi menjadi setinggi sekitar pinggul orang dewasa. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed