Senin, 21 Mei 2018 18:35 WIB

Ada Kendaraan Rem Blong di Sekitar, Ini yang Perlu Dilakukan Pengguna Jalan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ada Kendaraan Rem Blong di Sekitar, Ini yang Perlu Dilakukan Pengguna Jalan Foto: Eko Susanto/detikcom Ada Kendaraan Rem Blong di Sekitar, Ini yang Perlu Dilakukan Pengguna Jalan Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta - Kecelakaan akibat rem blong sering kali terjadi. Terlebih di jalan yang menurun curam. Pengendara pun harus selalu mengecek kendaraannya sebelum berkendara agar tidak terjadi kasus kecelakaan akibat rem blong.



Selain itu, pengguna jalan lain juga perlu waspada kalau ada kendaraan yang mengalami rem blong. Terkait seringnya kecelakaan akibat kendaraan yang nyelonong, Andry Berlianto selaku instruktur Rifat Drive Labs membagikan beberapa tips.

"Pertama, peka terhadap situasi sekitar seperti dapat melihat gerakan-gerakan yang bersifat anomali," kata Andry kepada detikOto.



Kepekaan tersebut bisa dihidupkan dengan mengecek spion secara aktif ketika berjalan. Atau, pengendara juga bisa menggerakkan kepala melihat sekitar jika terjadi sesuatu yang tidak beres.

"Arahkan kendaraan ke kiri sembari terus melihat pergerakan kendaraan yang berpotensi menabrak. Kika keluar dari kendaraan masih memungkinkan, maka keluarlah," ucapnya.

"Turut membunyikan klakson sebagai upaya memberi tahu ada sesuatu yang tidak beres," tambahnya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed