Selasa, 03 Apr 2018 12:34 WIB

Sering Berpergian, Ini Tipe Oli yang Cocok Digunakan

Ruly Kurniawan - detikOto
Sering Berpergian, Ini Tipe Oli yang Cocok Digunakan Foto: Ari Saputra Sering Berpergian, Ini Tipe Oli yang Cocok Digunakan Foto: Ari Saputra
Bogor - Musuh terbesar kendaraan adalah suhu yang sering berubah-rubah. Maka ban, eksterior, hingga pelumas haruslah diperhatikan khususnya bagi Otolovers yang sering jalan-jalan. Tapi kira-kira pelumas apa yang cocok untuk digunakan saat otolovers sering berkendara?



Technical Specialist PT Pertamina Lubricants Agung Prabowo menuturkan penggunaan oli sangat menyesuaikan temperatur suhu suatu wilayah. Bila salah, bisa-bisa kendaraan khususnya mobil akan sulit dinyalakan.

"Kalau untuk sehari-hari, yang cocok di Indonesia bisa pakai SAE 30 atau SAE 40, itu berdasarkan suhu kerjanya. Single grade dengan itu saya rasa sudah cukup. Tapi beda lagi kalau yang sering jalan-jalan misalkan ke Bogor, Bandung, dan wilayah lainnya yang cukup dingin dari Jakarta," katanya kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.



"Kalau sering jalan-jalan ada bagusnya pakai oli yang multi grade. Kenapa? Karena kalau gunakan single grade misalkan SAE 30, pasti tarikannya lebih berat kalai pagi di starter. Jadi kurang cocok. Maka lebih baik pakai SAE 10W-30 atau SAE 14-40, bisa dua medan," lanjut Agung.

Dikesempatan itu juga dirinya memaparkan menggunakan multi grade bukan hanya mengambil keuntungan bahwa oli dapat melumasi kendaraan di dua medan yakni panas dan dingin. Tetapi juga zat aditifnya membuat kendaraan lebih terawat dan usianya lebih cenderung panjang.



"Karena kita ingatkan bahwa oli multi grade dipakai agar awet soalnya aditifnya berbeda daripada single grade. Contoh, yang sangat2 berbeda adalah TPN-nya. Jadi kalau mau pakai oli ini yang cocok untuk Indonesia sekarang adalah SAE 10W-40, SAE 10W-30, atau SAE 15W-40," tutup Agung. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed