Kamis, 29 Mar 2018 16:34 WIB

Alat Pemadam Api di Mobil Penting, Bukan Hal yang Aneh

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil terbakar di parkiran Merapi Park, Sleman, Senin (1/1/2017). Foto: Ristu Hanafi/detikcom Mobil terbakar di parkiran Merapi Park, Sleman, Senin (1/1/2017). Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Bogor - Fenomena kendaraan terbakar cukup sering bermunculan. Banyak hal yang menjadi penyebabnya. Namun yang terpenting ialah, bagaimana cara kita agar selamat dari kejadian tersebut.

Dalam hal ini, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menekankan bahwa penting sekali pengguna mobil pribadi membawa alat pemadam api ringan atau yang biasanya disingkat dengan APAR. Supaya, bila terjadi hal yang tidak diinginkan semua perlengkapan sudah tersedia.

"Yang tidak biasa di Indonesia itu salah satunya adalah mobil ada APAR-nya. Padahal alat itu penting sekali lho, ketika ingin menolong orang atau saat kira dalam kondisi tertentu. Jadi itu bukan aneh," ujarnya kepada wartawan.

"Begitu mobil terbalik kita kebanyakan bingung, khususnya penumpang. Saat kebakaran juga gitu, karena tidak ada APAR jadi nggak bisa berbuat apa-apa," lanjut Sony.

Namun, apabila mobil yang masih belum menyediakan apar, langkah pertama yang harus diambil bila terjadi kecelakaan adalah segera menjauh dan selamatkan penumpang.

"Kalau tidak ada APAR ya kita harus menjauh dari kendaraan. Bawa penumpang, itu nomor satu. Begitu kecelakaan di tol, misalkan, salah atau tidak penumpangnya, wajib hukumnya kita selamatkan dia lebih dulu," ucap Sony. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed