Ingat! Dilarang Pakai Transmisi P saat Mobil Belum Berhenti

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Sabtu, 24 Mar 2018 19:47 WIB
Ingat! Dilarang Pakai Transmisi P saat Mobil Belum Berhenti Foto: dok. Toyota
Jakarta - Mungkin ada sebagian dari Otolovers yang belum tahu nih terkait penggunaan tuas gigi P (parking) saat berada dikondisi jalanan macet. Memindahkan tuas P saat macet sah-sah saja, namun lebih baik ketika mobil tersebut benar-benar dalam kondisi berhenti.



"Jangan sampai kondisi bergerak itu langsung ke P, karena nanti bisa menyebabkan beberapa crash (adanya kerusakan-Red) yang menyebabkan berkurangnya umur transmisi itu sendiri juga," ujar Supervisior -Business Area Sales Departmen PT Astra Otoparts, Chinto Adiputera, kepada wartawan, di Jakarta.

"Mungkin ke P nggak apa-apa asalkan berhenti dulu baru ke P, plus rem tangan itu lebih bagus lagi," tambahnya.



"Jadi ketika itu ada di kondisi mengganjal dan dia rodanya transmisinya bergerak. Itu sebenarnya akan tertimpa atau terjadi crash di situ, sehingga itu lebih baik di minimalisir," lanjutnya.



Jika terus dipaksakan tuas gigi pada posisi P jika mobil belum berhenti, risiko terburuknya bisa patah. "Kalau kita paksakan mobil transmisi itu berputar dan P itu masuk, tuas P nya nanti masuk. Kerusakan terburuknya patah, karena itu dipaksa ditekan dihajar gigi transmisinya, lebih aman ketika misalkan berhenti, P itu masuk," papar Chinto. (khi/lth)