Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 17 Maret 2018, 17:46 WIB

Di Australia Pakai GPS Saat Berkendara Boleh, tapi Ada Syaratnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Di Australia Pakai GPS Saat Berkendara Boleh, tapi Ada Syaratnya Foto: Selfie Miftahul Jannah
Sydney - Penggunaan GPS saat berkendara memang masih abu-abu. Ada yang bilang penggunaan GPS mengganggu konsentrasi berkendara, ada juga yang bilang sangat membantu untuk menuntun arah tujuan.

Di Australia, penggunaan GPS saat berkendara boleh-boleh saja. Korporasi Jalan Victoria sebagai otoritas jalan dan lalu lintas Victoria, Australia, mengatakan GPS dapat dioperasikan namun harus merupakan bagian terpadu dari desain kendaraan, atau ditambahkan dudukan yang bisa dipasang di kendaraan.

Ketika menggunakan GPS, sopir harus memiliki kontrol kendaraan yang tepat. Sopir juga dilarang memasukkan informasi alamat di GPS saat kendaraan bergerak. Informasi alamat hanya boleh dimasukkan saat kendaraan berhenti dan diparkir.

"Memalingkan mata dari jalan selama lebih dari 2 detik menggandakan risiko kecelakaan. Sebagai alternatif, pengenalan suara sangat dianjurkan," tulis Vicroads dalam laman resminya.

Perangkat GPS bisa menggunakan semacam dudukan (mounting). Tapi, pemasangan GPS itu tidak boleh mengaburkan pandangan pengemudi ke jalan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed