Senin, 19 Feb 2018 18:53 WIB

Bintik-bintik Hitam di Kaca Depan Mobil Ternyata Ada Fungsinya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bintik-bintik Hitam di Kaca Depan Mobil Ternyata Ada Fungsinya Foto: dok. Nissan Bintik-bintik Hitam di Kaca Depan Mobil Ternyata Ada Fungsinya Foto: dok. Nissan
Jakarta - Jika dilihat saksama, pada kaca depan bagian pinggirannya terdapat semacam frame dengan bintik-bintik hitam. Bintik hitam itu mengitari kaca. Itu ternyata ada fungsi tersendiri, bukan sekadar pajangan.

Dikutip dari laman Nissan Indonesia, bintik-bintik hitam itu bernama frit. Bagian tersebut, disebutkan, merupakan kunci bagaimana menempelkan kaca depan ke bodi.

Untuk diketahui, kaca menjadi bahan yang sulit untuk ditempelkan dengan material lain. Terlebih, kaca depan mobil terbuat dari kaca berbahan khusus yang aman.

"Permukaannya tidak akan mudah menempel pada lapisan besi pada frame bodi. Untuk itulah diperlukan adanya frit," tulis Nissan dalam laman resminya.

Frit akan dipanaskan untuk menempel kaca depan ke bodi mobil. Fungsi utama frit adalah untuk memberikan permukaan yang membuat perekat menempel ke kaca. Ketika akan dipasang kaca depan, frit berperan sebagai titik temu antara kaca dan bingkainya. Permukaan frit mampu membuat perekat menempel dengan efektif sehingga kaca dan frame bisa menyatu.

Tak cuma itu, frit juga berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar ultraviolet. Bagian luar frit melindungi perekat agar tidak terkena matahari langsung agar kaca tak mudah terlepas.

Untuk fungsi estetika, frit menyamarkan perekat yang digunakan untuk memasang kaca depan. Bintik-bintik hitam itu juga memberikan efek penghalang sinar matahari meski hanya sedikit. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed