Kamis, 08 Feb 2018 16:07 WIB

Lintasi Jalanan Banjir dan Berlumpur, Ini yang Harus Diperhatikan

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Bogor - Akhir-akhir ini hujan sering turun. Akibatnya, beberapa titik digenangi air dan tak sedikit juga yang berlumpur. Nah bagi Otolovers yang sering melintasi jalanan seperti itu, harus ada yang diperhatikan yakni seminim mungkin agar tidak gonta-ganti gigi mobil.

Karena, hal tersebut bisa jadi merusak mobil khususnya di bagian transmisi. Menurut salah satu instruktur offroad bersama Isuzu mu-X 4x4, ketika mobil melintasi jalanan yang tergenang air dan cukup berlumpur dikhawatirkan kotoran masuk ke bagian transmisi bila penggunanya sering mengganti gigi.



"Kalau di jalanan seperti ini (banjir dan berlumpur) diusahakan jangan sering ganti gigi. Cukup pakai gigi satu atau dua saja karena bisa-bisa kotorannya masuk di sela-sela bagian transmisi," kata pria yang enggan menyebutkan namanya tersebut di Bogor, kemarin.

"Jadi pelan-pelan saja. Bila kotoran itu sudah masuk ke sana karena sering gonta-ganti gigi (saat melintasi jalanan banjir dan berlumpur), itu performa transmisi jadi tidak enak lagi. Lambat laun itu bakal korosi dan rusak jadinya," tambahnya.



Jadi, harap hati-hati ya Otolovers saat melintasi medan seperti itu. Jangan terburu-buru dan gegabah.

"Perhatikan juga tinggi mobil agar tidak terendam," tutup dia. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com