Kamis, 08 Feb 2018 10:39 WIB

Terendam Banjir, Berapa Lama Mobil Diservis?

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil banjir. Foto: detikFoto Mobil banjir. Foto: detikFoto
Jakarta - Sudah wajib hukumnya bila mobil terendam air atau kebanjiran harus segera masuk bengkel untuk dicek semuanya. Karena, beberapa komponen berisiko mengalami kerusakan di sana seperti bagian elektrikal, ECU, hingga interior.

Lantas berapa lama ya mobil selesai diservis? Dipaparkan oleh Riyanto, BPI & Customer Experience Department Head Auto2000, hal itu tergantung dari antrean dan ketersediaan komponen di bengkel. Pengerjaannya mulai dari satu bulan hingga tiga bulan lebih.



"Kategori mobil kerendam air ada tiga, sampai karpet, dashboard, dan atap. Kalau yang sampai karpet itu perbaikan di bagian sekitar elektrikal. Bila part-nya ada, sebulan pengerjaannya," ungkapnya kepada wartawan di Jakarta.

"Tapi bila yang masuk ke bengkel banyak, misalkan daya tampungnya hanya 30 mobil dan sekarang 90-an, itu harus memakan waktu yang lebih lama lagi. Bisa berbulan-bulan. Apalagi bila partnya sedang habis dan dikirim kembali, yang tidak fast moving," kata Riyanto lagi.



Terlebih bagi mobil yang sudah terendam sampai bagian atap. "Kalau sampai bagian roof otomatis cukup lama. Karena kan interior kita bersihkan juga dan hasilnya nanti juga tidak bisa kembali sedia kala, ya," ujar Riyanto. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com