Jumat, 05 Jan 2018 13:48 WIB

Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Terlindas Truk Tangki Pertamina

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: YouTube/Pertamina Foto: YouTube/Pertamina
Jakarta - Seperti halnya truk pengangkut barang lainnya, sopir truk tangki BBM Pertamina kadang tidak bisa melihat kendaraan lain di sekitar truk. Itu lah yang disebut titik buta atau blind spot truk tangki.

Nah agar tidak terjadi kecelakaan atau terlindas di jalanan karena sopir truk tangki tidak melihat Anda, Anda harus memahami titik buta sopir tangki Pertamina. Biar gampang, Pertamina membuat video mengenai titik buta truk tangki. Titik buta truk tangki berada di bagian depan truk, sisi kiri kanan dan sisi belakang.

[Gambas:Youtube]

Dalam video itu disebutkan keadaan normal, truk tangki akan berjalan di sisi kiri, karena itu di sisi kanan truk menjadi area yang paling berbahaya karena titik butanya paling besar.

Namun jika anda dapat melihat wajah sopir tangki dari kaca spion truk tangki, itu artinya anda berada di wilayah aman karena sopir tangki bisa melihat anda. Sebaliknya, jika Anda tidak bisa melihat wajah sopir dari spion truk tangki itu berarti anda berada di wilayah titik buta.

Selain area titik buta, anda harus memperhatikan jarak kendaraan karena apabila truk tangki berhenti mendadak, kendaraan Anda bisa menabrak truk tangki dan menimbulkan kebocoran yang berpotensi menimbulkan kebakaran yang besar.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed