Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 20 Desember 2017, 15:27 WIB

Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil, Perhatikan Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil, Perhatikan Ini Berkemah dengan mobil di alam terbuka? Bisa saja (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Libur panjang di akhir tahun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian. Tak jarang juga yang menggunakan mobil pribadi untuk menghabiskan liburan panjangnya.

Product Manager Coolkars Serpong, Susanto, memberikan beberapa tips untuk menghabiskan liburan panjang pakai mobil. Agar perjalanan lebih aman dan nyaman, beberapa hal penting ini perlu diperhatikan.

"Yang pertama, yang perlu kita lakukan adalah mengecek kondisi mobil," kata Santo kepada detikOto.

Selama perjalanan disarankan untuk tidak melebihi kapasitas. Hindari mengangkut penumpang dan barang hingga melebihi kapasitas kendaraan.

"Jika kelebihan beban, maka keselamatan penumpang menjadi taruhan," ujar Santo.

Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil, Perhatikan IniFoto: dok detikOto


Bawa uang tunai yang cukup. Sebab, selama perjalanan kita tidak tahu apakah ATM mudah ditemukan atau tidak. Sebelum memulai perjalanan, lakukan perhitungan pengeluaran selama perjalanan.

"Hitung dari pengeluaran besar hingga kecil termasuk biaya makan, parkir, tol, toilet, dan lain sebagainya," ucap Santo.

Bawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan. Siapkan aplikasi GPS di ponsel untuk petunjuk jalan dan pencari jalur alternatif jka ada kemacetan.

Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil, Perhatikan IniFoto: Dok. Google


Istirahat jika lelah. Memaksakan perjalanan jauh dan melelahkan akan berisiko. Istirahat sejenak di rest area terdekat.

Siapkan juga perkakas dan P3K yang dibutuhkan. Perlengkapan itu sangat penting untuk keselamatan perjalanan dan kesehatan seluruh penumpang.

Liburan Akhir Tahun Pakai Mobil, Perhatikan IniFoto: Volvo via Newspress

Jika membawa balita, bawalah perlengkapan balita seperti kursi khusus balita dan perlengkapan lain yang membuat mereka nyaman. Bawa perlengkapan seperti bantal dan sellimut. Malam hari biasanya akan cukup dingin, jadi hangatkan tubuh balita dengan selimut.

Terakhir, kata Santo, pastikan AC mobil dalam keadaan dingin dan sehat. AC merupakan komponen mobil pening yang sering terlupakan. Komponen ini mendukung kenyamanan perjalanan saa liburan panjang. Ada satu hal fatal yang berhubungan dengan AC mobil, yaitu motor fan.

"Kami menyarankan jika perjalanan jauh usia lebih 3 tahun disarankan untuk diganti. Risikonya, jika tiba-tiba mati di jalan saat mudik biaya jauh akan lebih besar dibanding Anda hanya mengganti sebesar Rp 600 ribu. Jika mesin mobil Anda overheat, bisa puluhan juta uang Anda akan habis gara-gara hal kecil yang Anda lupakan," kata Santo. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed