Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 12 Desember 2017, 19:51 WIB

Tutup Paksa Bagasi Mobil Bisa Buat Kaca Pecah?

Ruly Kurniawan - detikOto
Tutup Paksa Bagasi Mobil Bisa Buat Kaca Pecah? Daihatsu Sigra Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Memang benar bagasi yang disajikan pada mobil, berperan untuk menjadi tempat penyimpanan barang saat berkendara. Bahkan tidak sedikit dari pengendara yang kerap memaksa untuk menaruh barang berlebih dalam bagasi mobil, serta memilih terus memaksakan agar bisa memasukan barang meski barang sudah terhimpit kaca pada model tertentu.

Nah buat Otolovers yang kerap melakukan hal itu, ada baiknya tidak mengulanginya lagi. Karena perilaku tersebut justru bisa membuat kaca mobil menjadi rusak?

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengucapkan hal tersebut bisa merusak kaca mobil. Sehingga disarankan meskipun kecil kemungkinannya, alangkah baiknya untuk dicegah dan tidak melakukan hal tersebut.

"Kaca mobil itu dapat pecah apabila ia telah mendapatkan initial crack (penyebab awal seperti retakan-Red). Nah ini bisa dari luar atau dalam. Kalau dari dalam, itu bisa terjadi karena penutupan pintu mobil yang terlalu dipaksa, khususnya pintu bagasi," ujarnya kepada wartawan dikawasan Jakarta Utara, Senin (11/12/2017).

"Biasanya kan orang masukkan barang di bagasi, tapi ada dari mereka yang memaksakan volumenya (muatan). Seperti ada yang agak nongol keluar (barang di bagasi terlalu penuh), pas dia nutup bagasi dipaksa gitu. Nah hal itu bisa membuat awal initial crack dari dalam," tambah Anjar.

Namun kemunculan titik awal penyebab kemunculan initial crack selama ini lebih banyak yang berasal dari faktor luar seperti kaca menghantam batu dengan keras, atau sebagainya.

"Tapi kecenderungannya paling banyak dari luar sih (penyebab kaca pecah-Red). Seperti kaca depan kena batu yang tajam atau menghantamnya dengan keras," tutup Anjar. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed