Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 18 November 2017, 17:25 WIB

Pentingnya Seat Belt dan Airbag pada Mobil

Ruly Kurniawan - detikOto
Pentingnya Seat Belt dan Airbag pada Mobil Fortuner yang ditumpangi/kendarai Setya Novanto Foto: Istimewa/detikcom
Jakarta - Kecelakaan Setya Novanto yang kini kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus mega proyek e-KTP. Masih terus dibicarakan, mengingat kondisi yang kini dialami oleh Setya Novanto yang masih memprihatikan.

Perbincangan mengenai Setya Novanto semakin seru mengingat, Setya mengalami kecelakaan akibat sistem keamanan mobil Toyota Fortuner yang diklaim tidak berfungsi.

Benar atau tidak, tentu kita sebagai pengendara harus selalu hati-hati dan terus waspada saat berkendara. Dan sebagai catatan, Otolovers perlu ingat, fitur keselamatan seperti airbag bukanlah fitur utama dari sebuah mobil melainkan hanya sebagai fitur pelengkap saja.

Seperti yang disampaikan GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi, yang mengatakan kantung udara atau airbag bukanlah perangkat keselamatan utama dimobil melainkan hanya pelengkap dan pembantu.

Maka, untuk mengaktifkannya ia harus melalui beberapa indikator terlebih dahulu seperti perubahan kecepatan pada mobil (tingkat percepatan). Tentunya berkendara yang baik dan benar menjadi faktor utama agar kita sebagai pengendara bisa terus selamat dalam berkendara.

"Airbag itu bukan perangkat keselamatan utama, dia adalah SRS (Supplemental Restraint System). Maka, ia hanya menjadi pelengkap untuk membantu perangkat utamanya yakni seatbelt dalam mengurangi resiko mengemudi," katanya kepada detikOto di Jakarta, Sabtu (18/11/2017).

"Airbag itu ada sensor yang mendeteksi perlambatan seperti tertabrak gitu. Misal dari kecepatan berapa lalu nabrak suatu benda kan langsung ke 0 km/jam secara cepat, nah itu perlambatan. Perlambatan mendadak. Dia mendeteksi itu," lanjut Dadi.

Dalam kesempatan itu pula, ia menghimbau agar seluruh orang yang berada didalam mobil sekalipun penumpang bagian belakang, selalu menggunakan sabuk pengaman. Karena, itulah perangkat utama keselamatan pada mobil.

"Pengamanan utama itu sebenarnya seat belt. Seharusnya meskipun sudah ada airbag gak boleh tidak pakai seat belt. Karena justru malah bahaya," ungkap Dadi.

Jadi, jangan sepelekan sabuk pengaman ya, Otolovers!

"Jangan mentang-mentang ada airbag malah tidak pakai sabuk pengaman. Sabuk pengaman itu ialah perangkat utamanya bukan airbag. Jangan lah lagi kejadian seperti itu. Meskipun duduk dibelakang dan merasa aman jangan lupa pakai sabuk pengaman," tutup Dadi. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +