Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 02 November 2017, 12:35 WIB

Drive With Rifat

Apa yang Menarik dari Fitur Paddle Shift di Kendaraan Anda?

Rifat Sungkar - detikOto
Apa yang Menarik dari Fitur Paddle Shift di Kendaraan Anda? Tuas Paddle Shift (-) di balik setir untuk menurunkan gigi Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Ketika kendaraan ditemukan pertama kali, sistem transmisi yang digunakan adalah manual. Berawal dari dua, tiga, empat, lima, hingga enam kecepatan yang semakin populer ketika itu. Seiring berjalannya waktu, ditemukan lah transmisi otomatis yang lebih memudahkan para pengendara dalam mengoperasikan laju kendaraan. Pada bagian tuas persneling transmisi otomatis, umumnya terdapat pilihan seperti park (P), reverse (R), neutral (N), dan drive (D).

"Semakin ke sini, berkembang teknologi yang disebut tiptronic. Pada saat tuas persneling berada di posisi D, tuas tersebut bisa digeser ke samping untuk mendapatkan mode manual (M) sehingga kita bisa mendapatkan laju kendaraan dari mulai gigi satu, dua, tiga, hingga enam. Gampangnya, kendaraan yang bertransmisi otomatis ini masih bisa dirasakan dengan sensasi transmisi manual yang merupakan kebudayaan pendahulunya," jelas pebalap Rifat Sungkar mengenai sifat dasar teknologi tiptronic.

Apa yang Menarik dari Fitur Paddle Shift di Kendaraan Anda? Foto: Rangga Rahadiansyah


Teknologi semakin mutakhir. Masyarakat sudah memilih untuk lebih berkonsentrasi dalam berkendara tanpa meninggalkan tangannya dari kemudi.

"Atas alasan tersebut, diciptakanlah teknologi paddle shift. Pada awalnya, paddle shift dipergunakan di mobil balap seperti Formula One (F1). Mengapa? Karena semakin kencang mobil F1, para teknisi berpikir bagaimana agar supaya tangan tidak meninggalkan kemudi. Karena jika sesuatu terjadi dengan sang pebalap, risiko yang dihasilkan tinggi karena konsentrasi terbagi antara memegang kemudi dan memindahkan tuas transmisi," tambah Rifat.

Paddle shift adalah sebuah sistem perpindahan gigi secara manual yang diterapkan di kendaraan dengan transmisi otomatis. Perpindahan gigi ini hanya dilakukan dengan sentuhan jari tangan tanpa harus meninggalkan kemudi.

"Tentunya mobil dengan paddle shift ini adalah mobil bertransmisi otomatis konvensional, continuously variable transmission (CVT), direct-shift gearbox (DSG), atau dual-clutch yang diterapkan di mobil Porsche yang lebih dikenal dengan nama transmisi PDK. Paddle shift ini dapat Anda temukan tepat di belakang kemudi, di mana terletak pada bagian kiri dan kanannya. Biasanya, bagian kiri berfungsi untuk menurunkan gigi, sementara bagian kanan berfungsi untuk menaikkan gigi," ujarnya.

Apa yang Menarik dari Fitur Paddle Shift di Kendaraan Anda? Foto: Niken Purnamasari


Rifat mengaku jika fungsi dari paddle shift ini adalah sebagai alat bantu mengemudi yang diperlukan guna mendapatkan tingkat konsentrasi yang lebih maksimal. Selain itu, bagi para pelanggan, paddle shift juga berguna untuk membuat mobil terasa lebih menyenangkan
saat dikendarai, karena jika kita rindu akan transmisi manual dapat langsung dioeperasikan dengan sangat mudah. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed