Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 23 Oktober 2017, 10:17 WIB

Fitur Hill Descent Control di Kendaraan Anda, Fungsinya Apa Sih?

Rifat Sungkar - detikOto
Fitur Hill Descent Control di Kendaraan Anda, Fungsinya Apa Sih? Foto: Mitsubishi
Jakarta - Sistem Hill Descent Control (HDC) saat ini sudah banyak mengisi fasilitas penting dari kendaraan Anda, terutama bagi para pengguna setia mobil berjenis sport utility vehicle (SUV).

Pebalap Rifat Sungkar membagikan informasi mengenai apa yang disebut HDC. "HDC ini adalah sebuah perangkat untuk kendaraan berjenis SUV agar bisa mendapatkan kapasistas offroad, terutama ketika melewati lintasan downhill demi mendapatkan tingkat keamanan yang maksimal," jelas Rifat yang saat ini tengah melakoni laga demi laga di ajang Indonesia eXtreme Offroad Championship (IXOR) 2017.

Sistem kerja dari HDC sendiri adalah bekerja sama dengan Traction Control (TC), Anti-lock Braking System (ABS), serta wheel speed sensor yang bertugas untuk mengetahui kecepatan putar ban apakah sesuai dengan sudut turunan di tempat mobil berada.

Sementara menurut Rifat, tujuan utama dari HDC adalah untuk mempertahankan kecepatan mobil yang masuk akal dan aman ketika tengah dalam keadaan menuruni bukit.

Fitur Hill Descent Control di Kendaraan Anda, Fungsinya Apa Sih?Foto: Mitsubishi


"Ketika kontur dan permukaan jalan berbukit itu berbeda antara sisi kiri dan kanan, HDC ini akan selalu berkomunikasi dengan perangkat ABS dan Active Stability Program agar mendapatkan genggaman yang ideal untuk mobil tersebut sehinga tidak kehilangan traksi. Dengan HDC, tugas sang pengendara menjadi lebih mudah, ia hanya perlu mengendalikan setir sesuai dengan arah yang dikehendaki," tambah Rifat.

Tingkat keamanan HDC pun kian bertambah, karena biasanya jika mode HDC diaktifkan, kecepatan mobil secara otomatis dibatasi hanya 7 km / jam atau bahkan kurang dari itu. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +