Senin, 16 Okt 2017 08:23 WIB

Hati-hati Sistem Hiburan di Mobil Bisa Bikin Celaka

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi (istimewa) Ilustrasi (istimewa)
Jakarta - Agar tetap bisa menghibur pengendara selama di dalam mobil, sistem infotainment alias sistem hiburan di mobil semakin hari kian berkembang saja.

Diawali dari radio, sistem hiburan di mobil kini berkembang cukup signifikan. Hanya dari mendengarkan radio dan musik saja bahkan sekarang bisa mengetahui iklim, mengangkat telepon hingga menjadi penunjuk jalan.

Banyaknya informasi pada sistem hiburan itu terkadang justru membuat bingung si pengendara. Misalnya pada saat menggunakan fitur navigasi disaat yang bersamaan telepon berdering dan kita sedang berada di perempatan jalan membuat bingung harus belok ke kanan atau ke kiri.

Bisa saja saat kejadian ada pesepeda di sekitar yang tidak kita sadari keberadaannya karena semua fitur sedang digunakan.

Sebenarnya fitur-fitur tersebut cukup menjadi dilema karena di satu sisi para produsen mobil pastinya ingin membuat mobil yang paling aman dan bisa membantu pengendara karena pengendara tak boleh mengangkat telepon saat mengemudi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Maka fitur pengangkat telepon di sistem hiburan diciptakan agar pengendara tetap fokus mengemudi tapi tetap bisa mengangkat telepon.

Seperti dilansir dari autoevolution, asosiasi perusahaan mobil Amerika untuk keselamatan lalu lintas mengadakan penelitian bersama dengan University of Utah soal fitur-fitur modern yang ada pada 30 mobil baru keluaran tahun 2017. Hasilnya, sesuai perkiraan fitur-fitur tersebut memang tak aman untuk pengendara.

Fitur pengatur navigasi misalnya dinilai menjadi yang tersulit dipakai terutama saat berkendara. Walaupun sudah cukup lama diterapkan di beberapa mobil, para pabrikan hingga saat ini masih belum menemukan solusi cepat pengaturan navigasi. Rata-rata pengendara membutuhkan 40 detik untuk benar-benar terfokus memasukan alamat yang tepat di sistem navigasi. 40 detik itu sungguh berbahaya bagi pengendara karena harus memecah konsentrasi antara jalan dan layar navigasu.

Dari 30 mobil yang dites, hanya tujuh model yang membutuhkan sedikit perhatian saat mengatur navigasi di mobil. Ketujuh model itu adalah Chevrolet Equinox, Ford F-250, Hyundai Santa Fe Sport, Lincoln MCK, Toyota Camry, Toyota Corolla, dan Toyota Sienna.

Menggunakan sistem hiburan sebenarnya sah-sah saja asal jangan dilakukan saat anda sedang berkendara. Mengatur navigasi misalnya bisa dilakukan sebelum anda melakukan perjalanan. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed