Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 13 Oktober 2017, 15:10 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Bila Salah Isi BBM pada Mesin Diesel

Ruly Kurniawan - detikOto
Ini yang Harus Dilakukan Bila Salah Isi BBM pada Mesin Diesel Ini yang Harus Dilakukan Bila Salah Isi BBM pada Mesin Diesel Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Karena faktor lupa atau lainnya, ada saja pengguna kendaraan bermesin diesel yang mengisi bahan bakarnya dengan bensin. Meski terlihat sepele, dampak dari hal tersebut sangatlah fatal.

Nah jika Otolovers melakukan hal tersebut, ada baiknya mesin tak langsung dinyalakan agar terhindar dari masalah seperti kerusakan mesin. Kareba menurut Hedi Santoso selaku Sparepart Department Head Astra Isuzu, ketika mobil dinyalakan injeksinya akan rusak.

"Ketika isi fuel atau sesaat setelah salah isi bensinnya, jangan dinyalakan, bahaya. Karena akan merusak mesin mobil," ujar Heri kepada wartawan di Jakarta.

"Setelah itu langsung dikuras tangkinya," tambahnya lagi.

Proses pengurasan diharapkan untuk dilakukan sesegera mungkin. Karena bila terlalu lama, tangki akan menjadi sulit dibersihkan dari bahan bakar tersebut yang menempel.

"Bila setelah salah dimasukkan bahan bakar lalu sempat di starter atau dinyalakan mobilnya, otomatis injeksi akan rusak. Lalu itu akan merembet ke mesinnya," ujar Heri.

"Karena injection butuh pelumasan kan sedangkan sifatnya solar itu tidak hanya untuk pembakaran saja tapi juga sebagai pelumas atau lubricants. Jadi tak bisa diisi bensin yang hanya berfungsi untuk pembakaran saja," tambahnya (lth/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed