Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 02 Agustus 2017, 12:30 WIB

Tips

Baru Dicat Ulang, Mobil Boleh Dicuci Kapan?

Ruly Kurniawan - detikOto
Baru Dicat Ulang, Mobil Boleh Dicuci Kapan? Bengkel bodi dan cat AUTOGLAD di Pekayon, Bekasi (Foto: Ruly Kurniawan)
Bekasi - Banyak orang beranggapan bahwa mobil yang baru selesai dicat ulang memiliki beberapa pantangan salah satunya adalah mencuci. Untuk menjaga warna dan kekinclongannya, mobil harus menunggu beberapa hari untuk boleh dicuci.

Direktur Teknik PT Indomobil Sompo Japan Gunawan Susilo menegaskan kalau hal tersebut tidak sepenuhnya benar. "Boleh saja mobil dengan cat baru dicuci kalau sudah kotor," ujarnya saat ditemui detikOto saat pembukaan bengkel AUTOGLADE body repair & painting di Bekasi, Jawa Barat (1/8/2017).

"Memang kalau pengecetannya dilakukan dengan tidak benar khawatirnya kualitas warna akan menurun," tuturnya. Proses pengeringan saat setelah mobil dilakukan cat ulang juga merupakan faktor utama agar warna pada mobil maksimal.

"Jadi kalau mengecat kemudian mengeringkannya benar, saya rasa enggak akan ada masalah mau langsung dicuci. Dikeringkan dengan oven atau pakai teknologi sinar inframerah biar hasil maksimal dan enggak ada masalah nantinya," ujar Gunawan

Saat ini, sudah banyak bengkel yang menggunakan jenis cat PU (Polyurethan) sebagai cat mobil. Cat jenis ini, kata Gunawan, memang membutuhkan waktu kering yang lebih lama dibanding cat duco yaitu 2x24 jam.

"Pengecatan pakai cat duco seperti yang biasa dilakukan di pinggir jalan itu memang keringnya lebih cepat. Bahkan setelah dicat langsung saja gitu kering dan kinclong. Tapi kualitas warnanya kurang, nantinya akan cepat pudar dibanding dengan cat PU," ujar Gunawan.

Ia juga menambahkan, proses pengecatan dan pengeringan merupakan hal yang paling utama dan tidak dapat dipisahkan untuk menciptakan kondisi warna pada mobil dengan maksimal.

Sementara itu, melihat potensi pasar kendaraan roda empat di Indonesia yang sangat baik, PT Indobuana Autoraya (Indomobil Group) bersama Sompo Holdings Inc melebarkan sayapnya ke ranah bengkel perbaikan bodi dan cat yang dinamakan AUTOGLAD.

Dirancang selama dua tahun, AUTOGLAD membawa teknologi dari Jepang untuk menjamin pekerjaan ini hanya membutuhkan waktu yang sedikit namun berkualitas. "80% mobil yang ada di Indonesia itu berasal dari Jepang. Jadi saya rasa sangat tepat untuk mengadopsi teknologi perbaikan dari tanah yang sama, Jepang," ujarnya.

Meskipun menggunakan teknologi dari Jepang, bengkel ini mampu mengerjakan mobil dari segala merk bahkan mobil-mobil mewah yang umumnya menggunakan bodi alumunium.

Dengan teknologi SMART (Small-Medium Area Repair Technique), perbaikan dengan kerusakan-kerusakan kecil tidak membutuhkan waktu yang lama dan juga biaya yang bersaing dengan bengkel-bengkel lain. Bengkel serupa akan dibuka AUTOGLAD di beberapa titik krusial di Indonesia. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +