Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 01 Agustus 2017, 15:24 WIB

Tak Bisa Sembarangan Modifikasi Kendaraan, Ini Alasannya

Dina Rayanti - detikOto
Tak Bisa Sembarangan Modifikasi Kendaraan, Ini Alasannya Modifikasi Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Memodifikasi kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor memang diperbolehkan namun ada beberapa aturan yang harus diikuti pemodif. Aturan tersebut tertuang pada Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan juga Peraturan Pemerintah No.55 Tahun 2012 tentang kendaraan.

Modifikasi yang dimaksud dalam PP No.55 Tahun Tahun 2012 pasal 1 ayat 12 adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor.

Artinya dengan adanya modifikasi berarti kendaraan tersebut mengalami berbagai perubahan mulai dari dimesi, mesin, dan kemampuan daya angkut maka akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor. Penelitian tersebut yaitu rancangan teknis, susunan, ukuran, material, kaca, pintu, engsel, bemper, sistem lampu dan alat pemantul cahaya, serta tepmat pemasangan plat nomor.

Memodif juga tak bisa sembarangan dan harus melalui persetujuan dari Agen Pemegang Merek (APM) dan tertulis pada pasal 132 ayat 6 PP No.55 Tahun 2012.

"Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud (mengalami berbagai perubahan mulai dari dimesi, mesin, dan kemampuan daya angkut maka akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor) hanya dapat dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari agen tunggal pemegang merek," begitu bunyi pasal tersebut. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed