Jumat, 28 Jul 2017 19:26 WIB

Ini Tips Pilih Ban Mobil Sport

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: BlackAuto Battle Foto: BlackAuto Battle
Jakarta - Seperti diberitakan detikOto sebelumnya, ban mobil biasa dan mobil sport atau performa tinggi berbeda. Ban mobil sport yang punya performa lebih tinggi membutuhkan ban yang lebih menggigit untuk menyesuaikan tenaganya yang buas.

Lantas, bagaimana mencari ban mobil sport yang tepat? PDP Business Manager Michelin Indonesia, Refil Hidayat menyarankan, pertama kenali karakter mobilnya.

"Setelah itu cari yang memiliki performa responsif ke steering, jadi ban itu pengaruh terhadap respons di steering, dan itu membutuhkan superior grip. Jadi pilih ban yang punya grip bagus," kata Refil saat ditemui di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Ban mobil sport biasanya memiliki tapak asimetris. Maksudnya, ulir ban bagian luar dan bagian dalam memiliki desain yang berbeda.

"Itu bagus untuk di jalan kering, bagus juga untuk basah, jadi kontrolnya masih bagus walaupun di jalanan basah," kata Refil.

Selain itu, kata Refil, carilah informasi mengenai ban khusus performa tinggi. Memang harganya lebih mahal, tapi itu akan setara dengan performanya.

"Ini ban banyak banget teknologinya, dari kompon, konstruksi segala macam yang kadang-kadang tidak banyak diketahui konsumen. Yang pasti cari informasi mengenai high performance tire yang mana," ucapnya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Jumat, 20 Jul 2018 18:23 WIB
    Meski mendominasi di Tanah Air, namun masih ada yang meragukan kualitas mobil Jepang. Bahkan disebut-sebut masih lebih baik mobil Korea daripada mobil Jepang.
  • Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Jumat, 20 Jul 2018 18:01 WIB
    Siapa bilang modifikasi hanya demi kepuasan diri, ini tidak berlaku untuk Prandananta S atau Bagong rider, yang permak abis Yamaha Scorpio 2014 miliknya.